PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
29704598

Buletin
 
   
 

Sur Journal edisi special 10 tahun

Sur Journal edisi special 10 tahun
Sur Journal was created ten years ago as a vehicle to deepen and strengthen bonds between academics and activists from the Global South concerned with human rights, in order to magnify their voices and their participation before international organizations and academia. Our main motivation was the fact that, particularly in the Southern hemisphere, academics were working alone and there was very little exchange between researchers from different countries.

download
 
     
   
 

Leaflet Anti Kekerasan

Leaflet anti kekerasan ini merupakan salah satu material publikasi Kontras, dalam rangka mempromosikan Hak Asasi Manusia. sepenuhnya di ijinkan untuk di unduh dan di sebarluaskan. download
 
     
   
 

Mengenal Hak Atas Bantuan Hukum dan Cara Mendapatkan Bantuan Hukum di Indonesia

Buletin ini bermanfaat untuk memperkaya informasi terkait layanan bantuan hukum di Indonesia. Kehadiran buku ini,semoga membawa manfaat bagi kita semua, khususnya sebagai referensi untuk melihat akuntabilitas pelaksanaan UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.
download
 
     
   
 

Ketika Negara Negara Menggantikan Tuhan Mengadili Umat Beragama & Berkeyakinan yang Dianggap Sesat di Indonesia

Buletin ini berisi tentang Persoalan Kebebasan Beragama, Beribadah & Berkeyakinan. Salah satunya adalah adanya produk hukum yang diskriminatif dan kontroversial yang justru menjadi legitimasi sekaligus pemicu terjadinya serangkaian kekerasan terhadap kehidupan Beragama.download
 
     
   
 

MP3EI versus HAM

Pemerintah Indonesia merancang suatu strategi pembangunan untuk menggenjot perekonomian nasional. Startegi bertajuk Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) itu diekspetasikan menempatkan indonesia sebagai negara maju 2025. Masalahnya kemudian Pembangunan memiliki ongkosnya sendiri, bahkan berpotensi terjadinya pelanggaran HAM.
download
 
     
   
 

Kontra Suharto

Politik ingatan adalah politik waktu melawan lupa. Inilah kunci dari untuk memahami kekerasan politik masa lalu. Ada memori yang melekat dalam benak individu dan kolektif atas peristiwa masa lalu yang mengakibatkan rasa trauma hadir tak berkesudahan. Jika trauma hadir, itu menjadi tanda bahwa memori-memori yang tersimpan adalah penanda represivitas dari gejala penyimpangan kebijakan politik masa lalu. Soeharto adalah sosok kontroversial. Di satu sisi ia berhasil menorehkan "cerita sukses" di balik kebijakan ekonomi politik pembangunan yang ia terapkan. Namun di sisi yang lain, ia memiliki segudang masalah dalam politik penegakan hukum, supremasi sipil dan hak asasi manusia. Jika panitia seleksi menyimak benar isi Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009, tentu kita tidak akan terjebak dalam debat kusir ini.

download
 
     
   
 

Potret Buram Densus 88 Anti - Teror dalam Bingkai Hak Asasi Manusia

Sejak Densus didirikan sembilan tahun lalu, KontraS mencatat beberapa dugaan Pelanggaran hukum dan HAM yang kerap dilakukan oleh kesatuan ini. Berdasarkan pemantauan dan Investigasi yang dilakukan KontraS tiga tahun terakhir, setidaknya telah terjadi 93 peristiwa kekerasan dalam pemberantasan tindak terorisme oleh anggota Densus 88. download
 
     
   
 

Penembakan Freeport Papua

Secara umum, kondisi perlindungan HAM di Papua; menunjukan kecenderungan peningkatan kasus-kasus misterius. Misterius tidak hanya pelaku-nya yang tidak diketahui, namun juga kasus-kasus nya turut menjadi misterius, karena kita tidak pernah tahu ujung dan hasil dari segala bentuk penyelesaian kasus kekerasan di Papua. Tanpa terkecuali, kasus penembakan terhadap pekerja PT Freeport Indonesia [PTFI], pada 10 Oktober 2011.

download
 
     
   
 

Perjuangan Pendeta Palti Panjaitan, S.Th: Konsistensi Berbuah Kriminalsasi

Sungguh tragis nasib yang menimpa Pendeta Palti Panjaitan, berkat kegigihan dan konsistensi-nya dalam membela hak-hak umat dan upaya pendirian gereja, bukan keadilan yang didapat, justru Pendeta Palti “dikriminalkan”, dengan tuduhan melanggar ketentuan pasal 352 Jo 335 KUHP; tentang tindak pidana penganiayaan dan perbuatan tidak menyenangkan.  

download
 
     
   
 

Kasus Penculikan dan Penghilangan Paksa Aktivis 1997-1998: Siapa Bertanggungjawab?

Leaflet ini memberikan gambaran utuh tentang Peristiwa Penculikan dan Penghilangan Orang Secara Paksa periode 1997-1998 dan juga perkembangan proses hukum terhadap kasus tersebut hingga hari ini (diterbitkan).

download
 
     
  1 2 3 4 5 6 7
 
DATA MONITORING
BUKU

BANTUAN HUKUM MASIH SULIT DIAKSES

[download]
Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin

PENCULIKAN AKTIVIS
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM