PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
12890602

Siaran Pers
   
 
[ dilihat 1158 kali ]

1257 Surat
Harapan Penyelesaian Kasus Pelanggaran HAM Berat Untuk Indonesia Yang Lebih Baik

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) bersama dengan Korban dan Keluarga korban Pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) dari berbagai kasus atau peristiwa menyayangkan sikap Presiden atas pengabaian penuntasan kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu. Hingga kini proses hukumnya masih terganjal di Kejaksaan Agung.

Berbagai upaya sudah dilakukan oleh korban untuk mendesak ditegakannya keadilan, lembaga negara mulai dari Kejaksaan Agung, DPR, Komnas HAM, Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, termasuk Presiden sudah didatangi oleh korban mulai dari audiensi/pertemuan dan aksi untuk mendesak dituntaskannya kasus-kasus pelanggaran HAM berat melalui proses hukum, pengungkapan kebenaran dan pemulihan yang efektif sebagai bentuk pengakuan dan perbaikan kondisi korban.

Atas kebuntuan dan kemandekan proses hukum kasus pelanggaran HAM berat, korban dan keluarga korban yang terdiri dari wilayah Aceh, Papua, Medan, Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Sulawesi yang merupakan korban dari peristiwa 1965-1966, Tanjung Priok 1984, Talangsari 1989, Penculikan dan Penghilangan Orang Secara Paksa periode 1997-1998, Trisakti, Semanggi I 1998 dan Semanggi II 1999, Tragedi Mei 1998, korban perampasan tanah oleh TNI, Wasior-Wamena 2001 dan 2003 (Papua) serta korban kekerasan militer di Aceh membuat surat kepada Presiden.

Surat tersebut ditulis langsung oleh korban dan keluarga korban yang berisikan tentang desakan penyelesaian kasus pelanggaran HAM berat masa lalu melalui proses hukum, pengungkapan kebenaran, pemulihan serta harapan untuk Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. Saat ini sudah terkumpul 1257, yang akan dikirimkan ke Presiden secara langsung, namun sudah dua kali korban mengirimkan surat permohonan kepada Presiden agar menerima secara langsung surat tersebut tidak mendapat respon yang positif.

surat ini merupakan pesan kemanusiaan korban kepada Presiden yang harus ditindaklanjuti dengan segera oleh Presiden. 1257 surat ini mewakili semua kasus pelanggaran HAM berat masa lalu yang ada di Indonesia yang hingga kini belum ada penyelesaian. Melalui pesan kemanusiaan ini sudah saatnya Presiden mengambil langkah yang tegas dan konstruktif, mengingat sisa waktu pemerintahan hanya tinggal 2,5 tahun lagi. Presiden harus ingat, sudah menjalankan kekuasaan pemerintahan selama dua periode. Namun belum memberikan dampak yang positif dalam penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM berat masa lalu.

Untuk itu, dalam momentum 14 tahun Tragedi Trisakti, Mei 1998 kami mendesak Presiden;

1. Merespon surat korban pelanggaran HAM berat dengan mengeluarkan kebijakan politik dan administrasi yang dapat mempercepat penyelesain kasus – kasus pelanggaran HAM berat Masa lalu.
2. Menginstruksikan Kejaksaan Agung untuk melakukan penyidikan atas kasus-kasus pelanggaran HAM berat yang sudah diselidiki oleh Komnas HAM, diantaranya dengan memfasilitasi mediasi antara Jaksa Agung dan Komnas HAM untuk menyelesaikan kebuntuan hukum yang ada.
3. Membuat kebijakan pemenuhan hak - hak korban yang komprehensif dan tidak bertentangan dengan prinsip impunitas

Jakarta, 14 Mei 2012

Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS)
Korban dan Keluarga Korban Pelanggaran HAM Berat Masa Lalu



 
  Bookmark and Share  
 
 
 
BERIKAN KOMENTAR ANDA
Komentar yang diberikan adalah sepenuhnya tanggungjawab pemberi komentar.
Nama
 IP: 54.161.203.23
Komentar
email
 
 
   
BUKU


BANTUAN HUKUM MASIH SULIT DIAKSES


[download]


Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin


PENCULIKAN AKTIVIS
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM