PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
24496280

Siaran Pers
   
 
[ dilihat 4122 kali ]
Untitled Document

SIARAN PERS KONTRAS

Tentang:

Pertanggungjawaban Pemerintah Terhadap Korban Penembakan Dan Kekerasan Aparat dalam Tragedi Semanggi 13 - 14 November

 

No. : 101/SP/KONTRAS/XI/1998

Pada tanggal 18 November 1998 yang lalu, KONTRAS telah membuat suatu pernyataan terbuka tentang indikasi keterlibatan aparat negara (ABRI) dalam melakukan misi khusus berupa provokasi agar aksi–aksi damai mahasiswa menjadi aksi yang penuh kekerasan. Selain itu, dalam pernyataan tersebut KONTRAS menyatakan pula beberapa bukti empiris di lapangan tentang penggunaan peluru tajam yang mengakibatkan korban tewas dari kalangan mahasiswa.

Data yang dikumpulkan KONTRAS menunjukan bahwa penyebab kematian 11 orang korban–baik mahasiswa maupun masyarakat–dalam penembakan di Semanggi adalah akibat tembakan yang dilakukan oleh aparat. Selain itu, masih terdapat beberapa korban yang berada dalam kondisi yang sanagat kritis di rumah sakit seperti yang dialami oleh Ayu dan Sutomo, seorang pengemudi bajaj yang dikepalanya tertanam pecahan peluru tajam. Daftar ini menjadi lebih panjang dengan daftar jumlah korban tindak kekerasan lainnya yang masih dirawat di rumah sakit dan harus menanggung sendiri biaya pengobatan mereka.

Pihak pemerintah dan ABRI seolah–olah hendak “cuci tangan” atau membersihkan diri dari keharusan mempertanggungjawabkan perbuatan mereka terhadap para korban. Smapai saat ini, Pemerintah dan ABRI hanya menyatakan permintaanmaaf dan berupaya melakukan suatu investigasi yang dapat memberi kejelasan mengapa terdapat penggunaan peluru tajam oleh aparat pada saat itu.

Selain itu, perlu juga ditanggapi bahwa pernyataan Kapuspen ABRI yang menyatakan bahwa ABRI telah menjatuhkan hukuman disiplin terhadap 163 prajurit dan 12 perwira ABRI tidak dapat ditafsirkan sebagai bentuk pertanggungjawaban ABRI terhadap korban dan masyarakat atas tindakan kekerasan yang mereka lakukan. Hukuman indisipliner terhadap para prajurit dan perwira yang dianggap bersalah merupakan suatu hukuman dalam urusan internal ABRI. Ia bukan merupakanbentuk pertanggungjawaban terhadap publik dan para korban.

Dalam proses penjatuhan hukuman itu, ABRI sekali lagi hanya mengkambinghitamkan prajurit dan komandan dilapangan sebagai yang paling bertanggungjawab. Padahal, KONTRAS berpendapat bahwa pertanggunjawaban kasus itu bukan hanya pada tingkatan pelaku dilapangan, tetapi juga pda tingkatan pembuat kebijakan pada sturuktur ABRI.

Padahal jelas sekali, bahwa ABRI telah melakukam pelanggaran hak asasi manusia dengan tindakan yang bertentangan dengan prosedur hukum dan militer yang berlaku. Selain itu, ABRI juga terbukti bersalah dengan melanggar standard internasional hak asasi manusia seperti yang tercantum dalam Prinsip–Prinsip Dasar Penggunaan Kekerasan dan Senjata Oleh Pejabat Yang Berwenang ( Deklarasi Universal, 1990 )

Oleh karena itu, dalam kesempatan ini KONTRAS menyatakan bahwa :

Pertama, pertanggungjawaban terhadap penembakan dan tindak kekerasan harus dilakukan oleh pimpinan ABRI sebagi pihak yang bertanggungjawab terhadap setiap kebijakan dan keputusan yang dikeluarkan oleh ABRI.

Kedua, menyerukan kepada masyarakat dan korban agar bersama-sama mengajukan tuntutan pertanggungjawaban pemerintah dan ABRI.

Jakarta, 30 November 1998

MUNIR, SH



 
  Bookmark and Share  
 
 
 
BERIKAN KOMENTAR ANDA
Komentar yang diberikan adalah sepenuhnya tanggungjawab pemberi komentar.
Nama
 IP: 50.16.112.199
Komentar
email
 
 
   
BUKU


BANTUAN HUKUM MASIH SULIT DIAKSES


[download]


Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin


PENCULIKAN AKTIVIS
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM