PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS
Kampanye
Human Loves Human
 
KASUS MUNIR
Munir
Monitoring persidangan, sampai perkembangan terkini.
[Klik di sini]
 
TRISAKTI,SEMANGGI I&II
TRISAKTI, SEMANGGI I & II
GERAKAN MAHASISWA 98 dan PASCA 98
[Klik disini]
 
TANJUNG PRIOK

PERISTIWA TANJUNG PRIOK
12 September 1984
[Klik di sini]
 
TALANGSARI
talangsari
Tragedi Talangsari
7 Februari 1989
[Klik di sini]
 
PENCULIKAN
penculikan aktivis orang hilang
"Kasus Penculikan Aktivis"
[ Klik disini ]

Cari
Sumber

HuriSearch

Anda Pengunjung ke:
9811704

Siaran Pers
   
 
[ dilihat 1573 kali ]

Pernyataan Sikap

Terkait Pernyataan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY)
atas Peringatan Hari Anti Korupsi dan Peringatan Hari HAM Internasional 2009

Kami sejumlah masyarakat sipil Indonesia menyayangkan pernyataan Presiden SBY bahwa ada motif politik kekuasaan atas rencana peringatan Hari Anti Korupsi pada 9 Desember.

Perlu diingat bahwa perayaan hari anti Korupsi (9 Desember) dan hari HAM Internasional (10 Desember) merupakan momentum tahunan internasional untuk membangun sendi-sendi demokrasi. Hal ini sangat selaras dengan komitmen bangsa Indonesia untuk memberantas korupsi dan menghormati HAM. Ada banyak bukti atas hal; bagian dari 6 agenda reformasi, beberapa TAP MPR, sejumalah pasal dalam amandemen UUD 1945. kedua agenda ini juga sangat relevan dengan kondisi kekinian, dimana Korupsi masih carut marut ditangani oleh pemerintah kondisi HAM juga masih belum optmal dimiliki oleh seluruh rakyat.

Kekhawatiran SBY berlebihan, apalagi pemerintahannya didukung oleh sejumlah parpol. Justru, seharusnya protes sosial dalam perayaan hari Anti Korupsi sedunia ikut dimeriahkan oleh pemerintah, jika menganggap bahwa perayaan tersebut seagenda dengan rencana pemerintah dalam memberantas korupsi.

Sebaiknya Presiden memberikan pernyataan yang menentramkan dan menciptakan ketenangan masyarakat. Bukan justru mencemaskan. Disisi lain masyarakat justru sudah makin dewasa bahkan melebihi elite politik dinegeri ini. Tudingan gerakan sosial bermotif politis menjatuhkan kekuasaan  justru mereduksi makna kritik dan otonomi partisipasi masyarakat. Seolah gerakan sosial tersebut hanya merupakan urusan kekuasaan. Peringatan Hari Anti Korupsi dan Hari HAM Internasional akan dimeriahkan oleh sejumlah kalangan ; akademisi, Petani, Buruh, Inteletual, masyarakat miskin kota, korban pelanggaran berat HAM masa lalu, dan berbagai kelompok masyaralat lainnya. Aksi ini akan menjadi bukti bahwa masyarakat Indonesia cinta akan keadilan dan kemanusiaan.

Sebaiknya Presiden berkonsentrasi pada pokok masalah yang menjadi sorotan masyarakat, yaitu; pertama, sesegera mungkin mengeluarkan Keppres pengaktifan Bibit-Chanda, sehingga kinerja KPK bisa lebih optimal dalam mengungkap dugaan korupsi di Masaro dan Century Bank. Kedua, membersihkan mafia hukum dan makaler-makelar kasus di semua lembaga penegakan hukum. Ketiga, memberi sanksi pada pejabat publik dan yang tersangkut KKN atau mendapat sorotan negatif masyarakat. Sementara urusan demonstrasi biarkan ditangani oleh pihak yang berwenang, dalam hal ini Polri.

 

Jakarta, 6 Desember 2009

Ray Rangkuti, Fadjroel Rahman, Tavip, Usman Hamid, Haris Azhar, Hendardi
Asmara Nababan, MM Billah, Maemunah, Mufti Maakarim, Savic Aleiha, Choirul Anam, Danang W, dll.

 
  Bookmark and Share  
 
Komentar:
Nama :Majda El Muhtaj Tanggal: 08 Des 2009
Saya setuju. Aksi masyarakat 9 dan 10 Desember sejatinya dipandang sebagai bentuk komitmen yang tinggi dari masyarakt sipil terhadap upaya pemberantasan korupsi di Indonesia. Saya kira patut dibuka ruang komunikasi dialogis antara pemerintah dan masyarakat sipil Indonesia sehubungan dengan langkah-langkah cerdas dan konkrit dalam memberantas korupsi dan menegakkan HAM di Indonesia. Sikap publik menggambarkan realitas terkini, bahwa pemerintah harus ddorong untuk tetap sadar dengan kewajiban konstitusionalnya.

Nama :Dwi Junion Andrew Tanggal: 07 Des 2009
Saya sangat setuju banget. Tetapi kalau apa yang dikerjakan bapak presidennya tidak sama seperti apa yang anda-anda pikirkan bagaimana?

 
 
BERIKAN KOMENTAR ANDA
Komentar yang diberikan adalah sepenuhnya tanggungjawab pemberi komentar.
Nama
 IP: 54.196.189.229
Komentar
email
 
 
   
Terkait Pernyataan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) atas Peringatan Hari Anti Korupsi dan Peringatan Hari HAM Internasional 2009
BUKU


BANTUAN HUKUM MASIH SULIT DIAKSES


[download]


Index Buku terbitan kontraS
[Klik disini]
Buletin


PENCULIKAN AKTIVIS
[download]


[ Daftar buletin lengkap >> ]
HUKUMAN MATI
hukuman mati
Kampanye
Anti Hukuman Mati !!!
[Klik Disini]
POSO
hukuman mati
Pemantauan Kasus Pelanggaran HAM POSO
[Klik Disini]
ACEH
hukuman mati
Pemantauan HAM Di
Nagroe Aceh Darussalam
[Klik Disini]
AKSI DIAM KAMISAN
aksi diam kamisan
"Desakan Penuntasan Kasus Pelanggaran ham masa lalu"
[ Klik disini ]
UNDANG-UNDANG
INSTRUMEN HAM