korban penculikan
Profile Korban
Buku
Lain-lain

tombol.gif
penculikan
AKSI-AKSI    
 

22 Okt 2009

SIM KOMUNITAS
MEMBANGUN TRANSPARANSI POLRI, Bersama Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas

Pada 22 Oktober 2009, KontraS RW. 02 Pegangsaan Menteng dan POLRI menyelenggarakan SIM KOMUNITAS berupa SIM Keliling dan Bis SIM, yang bertema Membangun Pelayanan POLRI : Bersama Menjaga Keselamatan Berlalu Lintas bagi warga RW. 02 Pegangsaan Menteng, Korban Pelanggaran HAM, Media dan Pekerja HAM di sekitar Menteng.

Kerjasama ini berangkat dari kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan Surat Ijin Mengemudi dengan cara cepat, mudah, dan transparan. SIM Keliling dan Bis SIM merupakan salah satu cara kepolisian untuk mewujudkan hal tersebut.

Keadaan lalu lintas adalah potret kualitas kehidupan dan peradaban masyarakat. Dari sisi transportasi sampai pada cermin pelaku dan watak manusia. Apakah masyarakat patuh pada hukum, apakah masyarakat hanya mementingkan diri sendiri, atau apakah akan main hakim sendiri saat ada masalah.

Di sisi lain, hak atas keamanan dan keselamatan warga Negara adalah bagian dari jaminan hak asasi manusia yang dilindungi oleh Negara. Hak tersebut termasuk menjamin tindak kejahatan maupun kecelakaan lainnya. Pembuatan SIM yang mensyaratkan kemampuan mengemudi bagi pengguna jalan semestinya dapat dilihat bagian dari upaya Polri untuk memastikan bahwa para pengguna jalan adalah orang-orang yang memenuhi kriteria tertentu untuk mematuhi dan menyadari arti penting keselamatan berlalu lintas. Cara mengemudi yang baik ditentukan oleh cara kita menghargai hukum dan manusia. SIM adalah syarat formal menuju ke arah tersebut. Tanpa adanya jaminan rasa aman lewat keselamatan di jalan maka pemenuhan hak ekonomi sosial maupun sipil politik dari warga Negara juga dapat terganggu. Terwujudnya keselamatan jalan dan tidak adanya kecelakaan lalu lintas (Road Safety, No Accident) merupakan hal yang diharapkan oleh masyarakat.

Dalam kerangka kerja melayani dan melindungi masyarakat (to serve and to protect) Polri memiliki kewajiban untuk memperpendek jalur birokrasi, bekerja secara transparan dan akuntabel. Harus diakui bahwa penyalahgunaan kewenangan kepolisan dalam pembuatan SIM dan pelayanan publik lainnya masih saja terjadi. Upaya RW. 02 Pegangsaan Menteng, Polri dan KontraS dimaksudkan untuk memperpendek jalur tersebut. Di sisi lain, masyarakat memiliki kebutuhan untuk dapat membangun ruang komunikasi dan relasi yang konstruktif dengan Polri, termasuk dalam hal-hal yang sederhana. Kerjasama ini diharapkan dapat membuka pintu komunikasi yang lebih baik serta menjadi bagian dari upaya mendorong transparansi dan profesionalisme Polri.

SIM Komunitas ini mendapatkan respon positif. Lebih dari 200 orang mendaftar dan mengikuti ujian teori dan praktek di Lapangan Borobudur, depan kantor KontraS. Pembuatan SIM berlangsung sejak pukul 8.00-18.00 WIB. Acara ini dihadiri oleh Irjen Pol. Nanan Soekarna, Kadiv Humas Polri; Brigjen Pol. Joko Susilo, Dirlantas Mabes Polri; beserta jajaran Polri dan Zumrotin K Susilo Badan Pengurus KontraS.


 
 

Copyright © 2007 | www.kontras.org
Jl. Borobudur No.14 Menteng | Jakarta Pusat 10320
Tlp: 021-3926983, 3928564 | Fax: 021-3926821 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org