korban penculikan
Profile Korban
Buku
Lain-lain

tombol.gif
penculikan
Untitled Document
BERITA      
 
KELUARGA POLISI PUN MENGADU KE KONTRAS
Sumber: KOMPAS Tanggal:15 Des 1998

Jakarta, Kompas
Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras)yang getol memperjuangkan kasus penculikan aktivis mahasiswa makin laris. Hari Senin (14/12) kemarin, keluarga dua anggota Polri Serma (Pol) Suratman dan Serka (Pol) Supratman, mengadukan penganiayaan yang dialami dua anggota Polri. Mereka meminta Kontras memperhatikan kasus penganiayaan tersebut.

Pihak keluarga yang datang ke Kontras itu adalah Dwi Rusianah, (istri Suratman), Mami Haryati (adik Rusianah) serta Irawati Kusumadewi (istri Supratman). Mereka diterima staf Kontras Ori Rahman. Kedua anggota Polri ini menjadi sasaran amukan massa pada waktu bertugas mengawasi aksi-aksi mahasiswa.

Menurut Mami, kepada pers, pihak keluarga dari anggota Polri yang menjadi korban penganiayaan itu minta Kontras memperhatikan kasus penganiayaan yang dialami mereka. Diharapkannya, Kontras tidak hanya memperhatikan kekerasan yang dilakukan aparat terhadap mahasiswa. Namun, Kontras juga seharusnya memperhatikan keluarga korban dari pihak aparat yang menjadi korban kekerasan pada waktu bertugas. "Jangan hanya pikirkan mahasiswa tetapi juga keluarga polisi," katanya.

"Saya sedih melihat suami saya. Sebagai rakyat saya hanya bisa lapor dan minta perlindungan. Harap Munir ngerti keadaan kami," kata Irawati yang sedang mengandung. Ia menjelaskan, akibat penganiayaan yang dialami, suaminya masih dirawat di RS Polri.

Sementara itu, Ori dari Kontras mengatakan, memang hak keluargakorban untuk melapor kasus itu kepada Kontras. "Kontras tidak menghendaki kekerasan. Tapi persoalan itu sudah ditangani Polda. Kita tunggu saja hasilnya," katanya seraya menambahkan, pelaku tindak kekerasan itu belum jelas karena belum diputus pengadilan. (bb)

 
 

Copyright © 2007 | www.kontras.org
Jl. Borobudur No.14 Menteng | Jakarta Pusat 10320
Tlp: 021-3926983, 3928564 | Fax: 021-3926821 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org