korban penculikan
Profile Korban
Buku
Lain-lain

tombol.gif
penculikan
Untitled Document
BERITA      
 
Kontras Dampingi Pelapor Dugaan Korupsi di Manado
Sumber: TRIBUNNEWS.COM Tanggal:30 Apr 2012

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KONTRAS) prihatin dengan adanya teror dan ancaman kepada Enny Angele Julia Umbas SE, pelapor tindak pidana korupsi, Enny Angele Julia-Umbas, SE.

Enny Angele ulia Umbas adalah bendahara di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Manado, yang mengungkap kasus korupsi ditempat kerjanya dan merugikan negara sekitar 4 miliar rupiah. Kasus korupsi tersebut terkuak pada awal bulan Juli 2011, melibatkan Walikota Manado, GS Vecky Lumentut.

Kadiv Advokasi dan HAM KONTRAS, Sinung Karto di jakarta (30/4/2012) mengatakan laporan yang dilakukan Enny kepada aparat berwenang tidak menunjukkan kemajuan, sehingga laporan diajukan ke Jakarta.

"Kontras mendampingi Ibu Enny, karena sejak 2011, laporan dugaan korupsi yang dilaporkan ke Polresta Manado, Kejaksaan Negeri Manado maupun Polda Sulawesi Utara tidak mendapatkan respon" ungkap Sinung Karto.

Menurut Sinung Karto, laporan yang diajukan ke KPK pada 1 april 2012, justru membuat Enny ditetapkan tersangka dalam kasus penipuan dan penggelapan oleh penyidik reskrimum Polda Sulut, dengan kasus yang berbeda.

Bahkan berujung upaya tindakan intimidasi dan teror yang dialami oleh pelapor dan upaya pembelokan substansi kasus.

Upaya intimidasi dan pembelokan substansi kasus yang dialami anatara lain munculnya laporan penggelapan dan penipuan yang dilakukan salah satu rekanan Disparbud yang juga PNS, Sicilia Demsi.

Teror mulai dari pemaksaan/penculikan anak yang diduga dilakukan anggota penyidik Polda Sulut.

Termasuk teror oleh aparat hukum dan sekelompok orang tak dikenal, agar korban memberikan pesan untuk menghentikan laporan tindak dugaan korupsi di dinas Pariwisata Manado.

"Enny siapkan pengacara, kita lakukan pendampingan karena lambannya Kepolisian Sulut" tutur Sinung Karto lagi.

Bahkan kemarin Minggu, (29 april), kontras melaporkan kasus itu ke divisi Propam Mabes Polri.

Untuk itu Kontras meminta Kepolisian Sulut menghentikan uapaya kriminalisasi, intimidasi dan pemeriksaan thd penyidik yang melakukan penculikan dan pemerasan terhadap korban. Meminta KPK untuk segera menindaklanjuti laporan korban terkait tindakan korupsi di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang melibatkan

Walikota Manado. Serta lembaga perlindungan saksi dan korban untuk segera mengambil langkah-langkah perlĂ­ndungan terhadap korban dan keluarga korban.

 
 

Copyright © 2007 | www.kontras.org
Jl. Borobudur No.14 Menteng | Jakarta Pusat 10320
Tlp: 021-3926983, 3928564 | Fax: 021-3926821 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org