korban penculikan
Profile Korban
Buku
Lain-lain

tombol.gif
penculikan
Untitled Document
BERITA      
 
KOMPAS.COM   10 Des 2007
Pelanggaran HAM di Sulteng Dilupakan Pemerintah >>
Palu, Kompas - Pemerintah dinilai telah melupakan sejumlah kasus pelanggaran hak asasi manusia atau HAM yang terjadi di Sulawesi Tengah dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Selain tidak mendukung upaya penyelesaian kasus-kasus pelanggaran HAM itu melalui pengadilan, pemerintah juga mengabaikan puluhan korban pelanggaran HAM yang hidupnya menjadi sengsara.
KOMPAS   06 Nov 2007
Generasi "Baru" Aktivis: Setelah Mei 1998... >>
Tewasnya empat mahasiswa Universitas Trisakti, Jakarta, pada 12 Mei 1998 karena ditembak, menancapkan refleksi yang amat dalam pada Usman Hamid, Koordinator Badan Pekerja Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau Kontras.
KOMPAS.COM   02 Nov 2007
Aksi Kamisan: Presiden Dituntut Tuntaskan Kasus Pelanggaran HAM >>
Jakarta, Kompas - Sekitar 50 orang yang tergabung dalam Jaringan Solidaritas Korban dan Keluarga Korban Pelanggaran HAM atau JSKK, Kamis (1/11) sore, kembali menggelar aksi damai di depan Istana Negara, Jakarta. Mereka menuntut Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengusut tuntas tragedi pelanggaran hak asasi manusia di Indonesia.
TEMPOINTERAKTIF.COM   22 Okt 2007
Kontras: Isu HAM Masih Sebatas Jargon >>
TEMPO Interaktif, Jakarta:Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) menilai penegakan Hak Asasi Manusia selama tiga tahun pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakilnya Jusuf Kalla masih mebatas jargon. "Selama ini agenda HAM dijalankan secara parsial," kata Kepala Biro Penelitian dan Pengembangan Kontras Edwin Partogi dalam siaran persnya, Senin (22/10).
KOMPAS.COM   20 Agt 2007
Gerakan Diam untuk Menolak Lupa >>
"Saya bilang, yang kita lakukan ini adalah kerja panjang yang mungkin baru berdampak pada generasi berikutnya. Tugas kita adalah menunjukkan kepada anak-anak kita bahwa penguasa cenderung menutup telinga, mata, dan hatinya terhadap pelanggaran berat hak-hak asasi manusia; dan bahwa bangsa ini telah mengingkari sejarahnya sendiri."
SEPUTAR-INDONESIA.COM   13 Agt 2007
Pemprov Aceh Tuntut Bentuk KKR >>
BANDAACEH(SINDO) – Wakil Gubernur (Wagub) Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) Muhammad Nazar mendesak Pemerintahan Susilo Bambang Yudhono untuk membentuk Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) di Aceh.Keberadaan KKR dianggap dapat memberikan jaminan proses perdamaian di Bumi Rencong. “Kita minta pemerintah pusat segera mengesahkan KKR sesuai butir dalam Undang-Undang No11/2006 tentang Pemerintahan Aceh (UU PA),” ujar Muhammad Nazar dalam pernyataan tertulisnya yang dibacakan Kepala Biro Keistimewaan Sekretariat Provinsi NAD,Bustami,pada seminar konsolidasi mahasiswa untuk perdamaian Aceh,kemarin.
KOMPAS.COM   31 Mei 2007
Kontras dan Keluarga Korban Penculikan ke Kejagung >>
JAKARTA, KOMPAS - Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau Kontras dan keluarga korban penghilangan orang tahun 1997/1998, Kamis (31/5) datang ke Kejaksaan Agung. Mereka mempertanyakan komitmen kejaksaan terhadap kasus penculikan dan penghilangan orang tahun 1997/1998.
DETIK.COM   29 Mei 2007
Kontras Tagih Janji Pemerintah Kasus Penghilangan Orang >>
Jakarta - Kontras bersama sejumlah keluarga korban penculikan aktivis 1997-1998 menagih janji pemerintah. Sebab pemerintah pernah berjanji menandatangani dan meratifikasi Konvensi Anti Penghilangan Orang Secara Paksa yang telah disahkan PBB pada Februari lalu di Paris.
KOMPAS.COM   23 Mei 2007
Pelanggaran HAM: Keluarga Korban Penculikan Datangi Mahkamah Agung >>
Jakarta, Kompas - Keluarga korban penculikan, didampingi oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan atau Kontras, mencari informasi ke Mahkamah Agung soal putusan mengenai Tim Mawar yang ikut dalam operasi penculikan aktivis tahun 1997.
KOMPAS.COM   19 Mei 2007
penegakan ham: Negara Tak Beri Rasa Keadilan kepada Korban >>
Jakarta, Kompas - Negara dinilai semakin tidak punya sikap politik jelas, apalagi kemauan kuat, baik untuk menuntaskan kasus-kasus pelanggaran hak asasi manusia berat maupun untuk memberikan rasa keadilan bagi para korban pelanggaran HAM berat dan keluarga mereka.
DETIK.COM   18 Mei 2007
Kontras: Panglima TNI Harus Pecat Mantan Anggota Tim Mawar >>
Jakarta - Penyelidikan pelanggaran HAM dalam kasus TSS, Mei dan penculikan aktivis 1998 terus terkatung-katung. Ironisnya, sejumlah mantan anggota Tim Mawar Kopassus yang terlibat dalam kasus tersebut kini malah menduduki jabatan strategis di lingkungan TNI.
KORANTEMPO.COM   16 Mei 2007
Kontras Pertanyakan Proses Hukum Anggota Tim Mawar >>
JAKARTA -- Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mempertanyakan proses hukum yang dilakukan pengadilan terhadap anggota Tentara Nasional Indonesia yang tergabung dalam Tim Mawar. "Kami akan meminta klarifikasi resmi kepada Mahkamah Agung dan Oditur Jenderal untuk mengetahui proses hukum terhadap para anggota Tim Mawar.
DETIK.COM   15 Mei 2007
Kontras akan Minta Klarifikasi Vonis Tim Mawar ke Odjen & MA >>
Jakarta - Kontras dan keluarga korban penghilangan aktivis akan meminta klarifikasi resmi kepada Oditur Jenderal (Odjen) dan Mahkamah Agung (MA), terkait vonis pelaku penculikan yang dikenal sebagai Tim Mawar tersebut.
KOMPAS.COM   12 Mei 2007
penegakan ham: Peristiwa Mei 1998 Mulai Diperingati >>
Jakarta, Kompas - Peristiwa kerusuhan Mei 1998 mulai diperingati, Jumat (11/5), dengan aksi unjuk rasa yang diikuti sekitar 200 orang, baik aktivis lembaga swadaya masyarakat, keluarga korban, dan mahasiswa dari sejumlah universitas.
DETIK.COM   08 Mei 2007
Penegakan HAM Ada di Pundak Hendarman & Mattalata >>
Jakarta - Harapan besar digantung di pundak Jaksa Agung dan Menkum HAM hasil reshuffle, Hendarman Supandji dan Andi Mattalata. Mereka diharapkan bisa menangani kasus pelanggaran HAM.
KOMPAS.COM   26 Apr 2007
Kasus Kekerasan Meningkat >>
MEDAN, KOMPAS – Kasus kekerasan di Sumatera Utara meningkat. Dalam laporan KontraS Sumut, tiga bulan pertama 2007 terdapat 30 kasus. Jumlah ini meningkat 66 persen dibanding triwulan pertama 2006 terdapat 20 kasus kekesaran. Petugas kepolisian dinilai sebagai pelaku kekerasan paling banyak dengan 22 kasus atau 73,3 persen dari seluruh kasus yang ada.
DETIK.COM   23 Apr 2007
SBY Sangkal Penakut, Buktikan Penuntasan Kasus Munir >>
Jakarta - SBY menyangkal dirinya peragu dan penakut. Namun bagi banyak orang, bantahan itu tidak berguna. Penuntasan kasus Munir, misalnya, tetap mengingatkan bahwa SBY tidak tegas.
RAKYATMERDEKA.CO.ID   15 Apr 2007
Dicari Figur Munir Yang Pemberani >>
Anggota Komisi Nasional Hak Asasi Ma­nusia (Komnas HAM) pe­riode 2007-2012 diharapkan bi­sa me­nun­tas­­kan sejumlah ka­sus pelanggaran HAM yang se­lama ini tak jelas jun­­trungan­nya. Untuk itu, perlu di­cari pu­tra-putri terbaik bangsa yang be­rani seperti pejuang HAM Mu­nir.
RAKYATMERDEKA.CO.ID   26 Mar 2007
Culik, Warisan Politik >>
JANGAN heran mengapa kini masih sering terjadi aksi penculikan. Banyak bocah jadi korbannya. Ini warisan sejarah politik bangsa. Zaman Soeharto, sejumlah aktivis pro demokrasi diculik. Proklamasi RI sendiri tercetus, setelah Bung Karno dan Bung Hatta ’’diculik’’ sekelompok pemuda pejuang yang tak sabar ingin merdeka.
SUARAPEMBARUAN.COM   09 Mar 2007
Kontras Laporkan Penculikan Aktivis ke Dewan HAM PBB >>
[JAKARTA] Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) bersama korban dan keluarga korban penghilangan aktivis 1997-1998, Tragedi Mei 1998, Trisakti Semanggi I dan II, akan melaporkan perkembangan penyelesaian kasus-kasus tersebut oleh pemerintah Indonesia kepada sidang Dewan HAM PBB
SEPUTAR-INDONESIA.COM   06 Mar 2007
HAM- Penculikan Terkait Status Warga Negara >>
Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) Usman Hamid menyatakan, pemerintah seharusnya mencari kejelasan nasib para korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) masa lalu, terutama kasus penculikan 13 aktivis dalam tragedi Trisakti, serta Semanggi I dan II.
SEPUTAR-INDONESIA.COM   21 Feb 2007
Jika Tak Usut Kematian Munir, SBY-JK Akan Habis >>
Jakarta, Rakyat Merdeka. Pemerintahan SBY-JK harus menunjukan konsistensinya dalam menyelesaikan kasus tewasnya aktivis HAM Munir. Jika tidak, dalam Pilpres 2009 mendatang, keduanya akan ‘habis’. Rakyat tidak akan memilih lagi.
REPUBLIKA ONLINE   19 Feb 2007
Kontras Adukan Danrem 043 Garuda Hitam ke Panglima TNI >>
Jakarta-RoL--Kontras mengadukan Komandan Korem (Danrem) 043 Garuda Hitam Lampung Kolonel (Inf) Bambang Gandhi S ke Panglima TNI Marsekal Djoko Suyanto karena melakukan tindakan intimidasi kepada masyarakat yang ingin mencari keadilan masalah pelanggaran HAM di Talangsari, Lampung.
KOMPAS.COM   14 Feb 2007
Pelanggaran HAM: DPR Akan Gelar Pertemuan Segitiga Terkait Penculikan >>
Jakarta, Kompas - Untuk menuntaskan proses penyidikan kasus penculikan aktivis prodemokrasi tahun 1998, Rapat Komisi III DPR, Selasa (13/2), menyepakati menggelar pertemuan segitiga dengan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia serta Kejaksaan Agung.
KOMPAS.COM   12 Feb 2007
Komisi III DPR Kecewakan Keluarga Korban Penculikan >>
JAKARTA, KOMPAS -- Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan anggota keluarga para korban pelanggaran hak asasi manusia (HAM) mendesak Komisi III DPR RI untuk bersikap tegas terhadap "pembangkangan", yang mereka nilai telah dilakukan Jaksa Agung dengan menolak meneruskan penyidikan kasus penculikan dan penghilangan paksa sejumlah aktivis tahun 1997-1998.
KOMPAS.COM   08 Feb 2007
Penculikan: DPR Meminta Presiden Perintahkan Jaksa Agung >>
Jakarta, Kompas - Ketua DPR Agung Laksono meminta Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memerintahkan Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh melakukan penyelidikan dan penyidikan berdasarkan temuan Komisi Nasional Hak Asasi Manusia untuk menuntaskan kasus penculikan 13 aktivis tahun 1998.
LAMPUNGPOST.COM   08 Feb 2007
18 Tahun Talangsari >>
HARI ini kasus Talangsari diperingati di Lapangan Sidoarjo, Lampung Timur. Selain tablig akbar, ada diskusi publik yang digelar untuk memaknai peristiwa berdarah pada tanggal 6--7 Februari 1989 itu. Ada pembicara dari Kontras (Komite untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan), anggota DPR, serta LBH, dan kesaksian korban.
RAKYATMERDEKA.CO.ID   07 Feb 2007
Komnas HAM Didesak Umumkan Nama >>
Jakarta, Rakyat Merdeka. Keluarga korban kasus Talangsari, Tanjung Priok Mei 1998, penculikan aktivis, tragedy semanggi I & II, tragedi 1965 dan Kontras, meminta panitia seleksi anggota Komnas HAM periode 2007-2012 segera mengumumkan hasil seleksi.
SUARAPEMBARUAN.COM   01 Feb 2007
Kasus Pelanggaran HAM: Kontras dan Ikohi Kecewa terhadap Jaksa Agung dan DPR >>
[JAKARTA] Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) dan Ikatan Keluarga Orang Hilang (Ikohi) kecewa terhadap DPR dan Jaksa Agung Abdul Rahman Saleh, terkait kegagalan mencari jalan keluar untuk menyelesaikan kasus pelanggaran HAM masa lalu.
RAKYATMERDEKA.CO.ID   30 Jan 2007
KSAU Siap Digugat dalam Kasus Rumpin >>
Jakarta, Rakyat Merdeka. Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Herman Prayitno mengaku bahwa kelakuan over acting anak buahnya yang mengakibatkan warga kampung Cikoleang, Rumpin, Kabupaten Bogor tertembak dan luka-luka adalah tindakan yang salah.
RAKYATMERDEKA.CO.ID   30 Jan 2007
DPR & Jaksa Agung Sama-sama Double Standard >>
Jakarta, Rakyat Merdeka. Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan Jaksa Agung Abdurrahman Saleh dituding dobel standar dalam penyelesaikan kasus penghilangan paksa aktivis 97-98.
SUARAPEMBARUAN.COM   26 Jan 2007
Kabareskrim Polri Pimpin Tim Usut Kasus Munir >>
Sejumlah aktivis Kontras dan keluarga korban berunjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (25/1). Mereka menuntut pemerintah agar segera menuntaskan masalah penculikan dan pembunuhan sejumlah aktivis termasuk tokoh HAM Munir. [Pembaruan/YC Kurniantoro]
KCM   25 Jan 2007
Selamat Datang Konvensi Orang Hilang! >>
Setelah bertahun-tahun diperjuangkan, PBB mengesahkan perangkat hukum internasional yang baru, Konvensi Perlindungan Semua Orang dari Penghilangan Paksa, disingkat Konvensi Antipenghilangan Paksa atau Konvensi Orang Hilang. Di Amerika Latin, orang hilang disebut desaparecidos.
KCM   16 Jan 2007
Presiden Bantah Hanya Berwacana dan Beretorika >>
Gorontalo, Kompas - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menegaskan, pemerintahan yang dipimpinnya selama ini tidak hanya berwacana, apalagi sekadar beretorika. Pemerintah justru telah membuktikan komitmennya bagi peningkatan taraf hidup rakyat Indonesia
 
 

Copyright © 2007 | www.kontras.org
Jl. Borobudur No.14 Menteng | Jakarta Pusat 10320
Tlp: 021-3926983, 3928564 | Fax: 021-3926821 | Email: kontras_98@kontras.org | Webmaster: pemelihara@kontras.org