Imparsial: Stop Spekulasi Meninggalnya Munir

Reporter: M. Rizal Maslan

detikcom – Jakarta, Direktur Eksekutif Imparsial Rahlan Nashidik meminta masyarakat menunggu hasil otopsi dan tidak berspekulasi tentang meninggalnya Munir. Hasil otopsi akan diketahui Jumat (10/9/2004).

Hal ini disampaikan Rahlan Nashidik di sela-sela acara penghormatan terakhir sejumlah aktivis LSM dan HAM di Kantor Imparsial, Jalan Diponegoro No. 9 Jakarta Pusat, Rabu (8/9/2004).

“Saya mewakili Imparsial dan mewakili keluarga Munir meminta agar masyarakat luas menunggu hasil otopsi yang saat ini sedang dilakukan oleh aparat hukum di Belanda. Kita tidak boleh mengambil spekulasi karena hal demikian akan memberikan beban tambahan yang tidak diperlukan bagi keluarga yang ditinggalkan. Jadi marilah kita menunggu hasil otopsi yang akan diketahui pada Jumat mendatang,” kata Rahlan.

Acara penghormatan terakhir dihadiri Anggota Komnas HAM MM Bilah, Direktur Eksekutif Demos yang juga mantan Sekjen Komnas HAM Asmara Nababan,Koordinator IKOHI Mugianto, Karlina Leksono dan sejumlah staf Imparsial serta puluhan aktivis HAM.

Dalam acara itu, rekan-rekan LSM menceritakan kenangan saat bekerja sama dengan Munir dan menyampaikan duka cita yang mendalam.

Selain itu, surat ucapan duka cita terus mengalir, termasuk beberapa karangan bunga yang dikirim diantaranya dari Capres SBY, Habibie Center, PBHI, UPC dan Direksi PT Garuda Indonesia.(aan)