Wapres Minta Polisi Segera Cari Bukti Baru Kasus Munir

Niken Widya Yunita – detikcom


Jakarta – Lepasnya Pollycarpus dari tuduhan terkait pembunuhan aktivis HAM Munir membuat kasus ini semakin misterius. Hal ini membuat Wapres Jusuf Kalla mendesak Polri untuk mencari bukti-bukti baru.

"Mudah-mudahan polisi mencari bukti yang lain, di luar itu kita sulit menanggapinya," kata Kalla di kantornya, Jl Medan Merdeka Selatan, JUmat (29/12/2006).

Wapres mengakui untuk menemukan pembunuh Munir bukanlah hal mudah. Sebab di negara adikuasa seperti Amerika Serikat saja mereka masih bingung siapa pembunuh Kennedy.

"Banyak kasus di Amerika yang tidak ketahuan seperti kasus OJ Simpson, jadi tidak segampang itu ketahuan," imbuh Wapres.

Sebelumnya Pollycarpus divonis Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan 14 tahun penjara karena terlibat pembunuhan aktivis HAM Munir. Namun setelah melakukan kasasi, MA mengurangi hukumannya dan mengganjarnya dengan hukuman 2 tahun karena melakukan pemalsuan surat perjalanan dinas.

Pada 25 Desember lalu, Pollycarpus mendapatkan remisi Natal selama 3 bulan. Dia pun langsung melenggang bebas keluar dari LP Cipinang.(ndr/nrl)