Gus Choi: Pernyataan KaBais Bukti Sisa Orba Masih Kuat

Melly Febrida – detikcom

Jakarta – Pernyataan Kepala Badan Intelijen Strategis (KaBais) Mayjen TNI Syafnil Armen yang menyebutkan Imparsial, Kontras, dan Elsham Papua mengancam ideologi Pancasila dinilai sebagai bukti sisa Orde Baru masih kuat.

"Mengapa Bais mengatakan itu? Artinya TNI belum melaksanakan reformasi. TNI belum menjalankan UU TNI sehingga berarti di tubuh TNI sisa Orba masih kuat," cetus anggota Komisi I DPR Effendi Choirie kepada detikcom, Selasa (18/9/2007).

Pria yang akrab disapa Gus Choi ini telah memberikan keterangan sebagai saksi ahli dalam kasus gugatan perdata Imparsial terhadap KaBais di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Menurut Ketua FKB ini, TNI tidak punya hak untuk memberi cap siapa yang radikal atau tidak, serta pihak yang bertentangan dengan ideologi Pancasila. Alasannya, TNI merupakan alat negara di bidang pertahanan. Sehingga tugas TNI hanyalah perang.

"Bais itu instrumen Mabes TNI. Karena itu tuduhan Bais kepada Imparsial bertentangan UU 4/2004 tentang TNI. Itu sudah di luar tugas dan fungsi," tandas dia. (mly/sss)