Hasil Kunjungan ke LP Cipinang dalam Rangka Pemulangan Tapol Aceh Sambil Menunggu Upaya Pembebasan Lebih Lanjut

Hasil Kunjungan ke LP Cipinang dalam Rangka Pemulangan Tapol Aceh Sambil Menunggu Upaya Pembebasan Lebih Lanjut

Forum untuk Keadilan Tapol/Napol Aceh (FKTNA) telah melakukan kunjungan ke LP Cipinang dan LP Sukamiskin, kunjungan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan FKTNA dengan Komisi A DPRA untuk upaya pembebasan Tapol/Napol Aceh yang masih ditahan di LP pulau Jawa dan Sumatera. FKTNA melakukan kunjungan ke LP Cipinang, LP Sukamiskin dan Departemen Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan. Ada pun hasil dari kunjungan tersebut adalah:

 

1.
LP Cipinang – Jakarta
 
FKTNA bertemu dengan Tgk. Ismuhadi, Irwan Ilyan dan Ibrahim Hasan (Napol Aceh). Menurut Kepala LP Cipinang, ke-3 Napol tersebut adalah GAM dan pihak LP siap membantu proses administrasi pemulangan para Napol ke Aceh.
2.
LP Sukamiskin – Jawa Barat
 
FKTNA bertemu dengan Dinan Sabardiman (Napol Aceh). Kepala LP Sukamiskin mengatakan tidak ada masalah dengan pemulangan para Napol ke Aceh tetapi keputusannya ada pada Menteri Hukum dan HAM.
3.
Departemen Hukum dan HAM Direktorat Jenderal Pemasyarakatan
 
FKTNA bertemu dengan Bapak Drs. Mashudi, Bc IP, MAP, Direktur Bina Bimbingan Kemasyarakatan di kantor Departemen Hukum dan HAM untuk memperjelas status Napol Aceh yang masih ditahan dan meminta pihak Depkumham untuk memverifikasi status keberadaan para Napol. Bapak Mashudi mengatakan pihaknya akan mengkaji dahulu poko persoalan berkaitan dengan Napol Aceh yang masih ditahan dan setelah pihaknya membaca BAP (yang diserahkan pada saat itu oleh FKTNA), pihaknya menyakini bahwa tahanan tersebut adalah GAM dan pihaknya berjanji akan menindaklanjuti masalah ini kepada Menteri Hukum dan HAM.

Berdasarkan hasil kunjungan  di atas, FKTNA menyatakan:

  1. Mendesak kepada Menteri Hukum dan HAM untuk secepatnya memulangkang Napol Aceh sambil menunggu upaya pembebasan lebih lanjut.
  2. Mendesak kepada semua lembaga-lembaga yang terkait (Pemerintah Aceh, Kanwil Depkumham Aceh, BRA dan FKK) untuk memperhatikan upaya pembebasan Napol Aceh yang masih ditahan.

Banda Aceh, 03 November 2007
Forum untuk Keadilan Tapol/Napol Aceh

 

Tgk. Iswadi Jamil
Ketua Forum

 

Forum untuk Keadilan Tapol/Napol Aceh (FKTNA):
Keluarga Besar Tapol/Napol Aceh, LINA, Srikandi Aceh, FAA, AWCW, Putroe Aceh untuk Keadilan, JAPPP, Lampuan, LINA Aceh Selatan, Latifa, The Krak, PUSA, FRAKA, The Acheh Youth Foundation, KontraS Aceh, OPIC, , Beujroh, ACSTF, Koalisi NGO HAM, SPKP HAM ACEH, Link Peace, Sri Ratu Syafiatuddin, SMIPA, KPSR

Alamat FKTNA: Jl. HT Daudsyah No. 69 Peunayong, Banda Aceh.