10 Lagu Warnai Album untuk Munir

JAKARTA–MI: Sebuah album yang berisikan 10 lagu, akan didedikasikan khusus untuk Munir. Album tersebut merupakan kumpulan lagu terbaik hasil Lomba Cipta Lagu untuk Munir yang diselenggarakan oleh KBR68H, FM 89,2 Utankayu, dan Komite Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM).

Sepuluh lagu terbaik ini diumumkan di Kedai Tempo, Jalan Utan Kayu Rawamangun, Kamis (14/2).

Lomba itu berlangsung dari Oktober 2007 hingga Januari 2008. Lomba diikuti oleh 92 peserta. Total lagu yang dikirim sebanyak 132. Peserta berasal dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Yogyakarta. Peserta juga datang dari Bali, Bangka, dan Papua. Bahkan ada peserta yang berdomisili di Arab Saudi.

Dewan juri yang terlibat yakni, Trie Utami (penyanyi), Jockie Suryoprayogo (musikus), dan Usman Hamid (Ketua KONTRAS. Album tersebut akan diproduksi dalam CD dan kaset, dan didistribusikan secara umum melalui label.

Beberapa lagu yang terpilih adalah: Pahlawan Sejati (Doddy B Jatmiko), Mr HAM (Full Respect), Masihkah Kita Takut (Amir Sadewo), dan Arsenikum (Rengga Yudistira).

Sepuluh lagu tersebut nantinya akan dipentaskan pada konser musik Tribute to Munir yang akan diselenggarakan pada 31 Mei 2008 di Jakarta.

Menurut Eko Sulistyanto, Kepala Promosi KBR68H, lomba cipta lagu ini adalah termasuk salah satu program ‘Untuk Munir’ yang dimaksudkan untuk dedikasi Munir sebagai salah satu penegak hukum dan HAM di Indonesia. Juga bertujuan untuk mengingatkan publik atas kasus Munir yang belum tuntas, serta mendorong pemerintah agar tidak ragu menangkap dalang di balik pembunuhan tersebut. (*/OL-03)