PERINGATAN SATU DEKADE KONTRAS

"HUMAN LOVE HUMAN”

Menolak Kekerasan, Merawat Kebebasan
Dhanapala Gedung Departemen Keuangan

Pada tanggal 20 Maret 2008, Komite untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) genap berusia 10 tahun. Namun perayaan tersebut dilaksanakan pada 26 Maret 2008. Perayaan Ultah KontraS dibungkus dalam sebuha Forum yang dinamakan Annual Human Rights Lecture I.

Adapun tujuan Peringatan Satu Dekade KontraS Melawan Kekerasan ini adalah mengingatkan publik bahwa masih banyak orang yang berjuang melawan kekerasan dan sekaligus memperluas semangat anti kekerasan di berbagai kalangan; mendorong alternatif baru bagi pembentukan gerakan anti kekerasan; menjadi sumber inspirasi bagi gerakan kekerasan oleh seluruh eleman bangsa; memperkuat konsensus Republik dalam demokratisasi.

Annual Human Rights Lecture kali ini menampilkan sebagai pembicara dosen pascasarjana Sekolah Tinggi Filsafat Driyarkara, Karlina Supelli, Kepala Litbang Kompas, Daniel hakidae, dan Ketua Mahkamah Konstitusi, Jimly Asshiddiqie.

Bapak Jimmly Assidiqie dalam kapasitasnya sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi memaparkan pemikiran seputar konsitusi sebagai norma dasar bagi penegakan dan pemenuhan hak asasi manusia di Indonesia. Yang menarik disampaikan Bapak Jimmly pada malam itu adalah meminta pemerintah untuk memberikan penghargaan pada Munir, meski Munir tidak pernah menduduki jabatan resmi, namun upayanya dalam mencari keadilan patut dihargai sebagai pahlawan. Sementara Bapak Daniel Dakidae mencoba memaparkan pikirannya seputar dampak dari ruang publik yang dikepung oleh kekerasan terhadap kehidupan bersama sebagai bangsa.

Yang cukup menarik di  hari ulang tahun KontraS kali ini adalah diterimanya sejumlah korban oleh Presiden SBY pada pagi hari tanggal 26 Maret 2008. Pertemuan itu diikuti oleh perwakilan korban masa lalu. Pada kesempatan itu, korban menyampaikan beberapa catatan perkembangan Hak Asasi Manusia. 

Lebih lanjut, tradisi human rights lecture ini, akan menjadi agenda tahunan KontraS, mengingat  suara keadilan tidak hanya cukup diteriakkan di jalan-jalan, tetapi juga perlu disampaikan dalam dialektika intelektual dan jejaring-jejaring persahabatan yang lebih luas lagi.


Liputan Aktivitas Satu Dekade KontraS lengkap klik disini

SATU DEKADE KONTRAS SATU DEKADE KONTRAS SATU DEKADE KONTRAS
SATU DEKADE KONTRAS SATU DEKADE KONTRAS SATU DEKADE KONTRAS SATU DEKADE KONTRAS