Kontras Minta para Caleg Peduli HAM

Rachmadin Ismail – detikPemilu

Jakarta – Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras) mengundang para caleg mantan aktivis. Hal ini dilakukan agar dalam visi dan misi para calon anggota dewan itu lebih memperhatikan soal kemanusiaan.

"Kami perlu mengembangkan dialog dengan caleg yang peduli dengan kemanusiaan," ujar anggota divisi Politik Hukum dan HAM Kontras Edwin Partogi di kantor Kontras, Jl Dipenogoro, Jakarta Pusat, Sabtu (14/2/2009).

Selain itu, Kontras juga berharap agar para caleg memperhatikan korban pelanggaran HAM. Sebagai mantan aktivis, caleg tersebut dinilai mampu membawa pesan kemanusiaan dan perubahan.

"Namun di tengah tantangan oligarki partai politik, keberadaan mereka bagai anak manis di sarang penyamun," tambah Edwin.

Beberapa caleg mantan aktivis yang diundang Kontras adalah Bini Buchori (Partai Golkar), Arif Budimanta (PDIP),  dan korban penculikan aktivis Faisol Reza (PKB). Selain itu, hadir juga mantan aktivis ’98 Sarbini (Partai Demokrat) dan pengacara Ahmad Yani (PPP).

"Keberadaan caleg-caleg dari latar belakang gerakan rakyat jadi sebersit sinar harapan diantaran sepinya orang-orang baik di partai," pungkasnya. ( mad / gah )