Pendidikan Politik Alternatif Penting bagi Pemuda

JAKARTA, RABU – Model-model pendidikan politik alternatif yang bisa didapat dari Non Government Organisasi (NGO) atau organisasi-organisasi mahasiswa sangat penting bagi para pemuda.

Demikian dikatakan Sekjen Kontras, Oslan Purba pada dialog publik catatan akhir pemerintahan SBY-JK, Jakarta, Rabu (18/02).

Menurutnya pendidikan politik rakyat seharusnya dilakukan oleh partai politik, namun saat ini justru partai politik telah melupakan fungsi tersebut."Partai politik tuh sekarang hanya sibuk kalau sudah dekat-dekat pemilu saja," ujar Oslan.

Rakyat sebenarnya tidak buta sama sekali terhadap politik. "Rakyat itu sebenarnya ngerti, tapi masalahnya rakyat tuh hidupnya susah dan mereka tahu kalau semua resources yang ada di negeri ini dikuasai oleh politisi-politisi negeri ini. Oleh karena itu rakyat merasa tidak berdaya tanpa pilihan," ujarnya.

Oleh karena itu ia mengharapkan seharusnya rakyat mampu menggerakkan basis ekonominya sendiri secara mandiri, sehingga tidak terlalu tergantung terhadap penguasa.Terakhir ia juga mengingatkan rakyat agar tidak golput. "Kalaupun golput jadilah golput yang aktif," tuturnya santai.