Capres Tak Tunjukkan Upaya Serius Selesaikan Kasus Lapindo

Taufik Hidayat – OkezoneJAKARTA – Debat capres putaran pertama yang digelar Kamis malam menuai kritikan. Koordinator Kontras Usman Hamid menilai, ketiga capres tidak menunjukkan upaya serius dan penyelesaian masalah HAM di masa lalu.

"Ketiga capres tidak menunjukkan keinginan dan upaya serius untuk menyelesaikan masalah hak asasi manusia masa lalu.  Ini terlihat dari pernyataan mereka yang memilih pendekatan rekonsiliasi atas nama persatuan," tutur Usman di acara diskusi di Hotel Cemara, Jakarta, Jumat (19/6/2009)

Salah satu kasus yang mencuat yakni kasus lumpur panas Lapindo. Dalam kasus Lapindo, ketiga capres hanya membicarakan maslah teknis dan hukum.

"Tetapi mereka tidak menyentuh korban-korban Lapindo. Semua capres menyalahkan korban," tegasnya.

Dalam pernyataan mereka, lanjut Usman, tidak ada kepatuhan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, serta pentingnya negara dalam menjamin perlindungan.

"Meski SBY-JK bersepakat penyebab terjadinya semburan lumpur panas oleh PT Lapindo, namun SBY inkonsisten dengan pernyataan tersebut. Karena masih memasukkan unsur pemerintah untuk menanggung tanggung jawab Lapindo sebagai penyebab masalah. Ini ada upaya melindungi korporasi," paparnya.(kem) (ahm)