Kontras: Bom Marriott-Ritz Pukulan ke SBY

INILAH.COM, Jakarta – Ledakan bom di Hotel Ritz Calrton dan Hotel JW Marriott di kawasan Mega Kuningan Jakarta dinilai pukulan bagi reputasi SBY sebagai juara sementara perolehan suara pilpres 2009. Tidak hanya SBY, Polri didesak untuk mengusut tuntas kasus terorisme di Indonesia.

"Insiden simultan ini merupakan pukulan serius bagi reputasi SBY yang baru memperoleh apresiasi, karena potensi kemenangannya dalam pilpres baru-baru ini," kata Koordinator Kontras Usman Hamid saat jumpa pers di kantor Kontras, Jakarta, Jumat (17/7).

Selain itu, tutur Usman, insiden peledakan ini juga menjadi tamparan serius bagi pihak polri yang sedang dalam upaya mengejar tokoh utama teroris di Indonesia. Namun, Usman menilai keseriusan mengejar tokoh teroris ini seakan ditujukan untuk mempengaruhi reputasi Indonesia di muka Internasional.

"Meski demikian, kami tidak bisa menyimpulkan suatu skenario apa pun," cetusnya.

Oleh karenanya, tutur Usman, Kontras yang tergabung dalam Forum Indonesia Damai mendesak pemerintahan untuk melakukan upaya pengusutan sampai tuntas. "Tapi kami menuntut agar proses penyelidikan, penyidikan, maupun pengadilan nantinya tetap mengutamakan keterbukaan, objektivitas, ketidakberpihakan, akuntabilitas publik dan prinsip hukum yang adil dan hak asasi manusia," pungkasnya. [win/bar]