Bantah Panggil Paksa
Polisi Periksa Usman Hamid Pekan Ini

Chazizah Gusnita – detikNews

Jakarta – Polisi kembali melayangkan surat panggilan pemeriksaan terhadap Koordinator Kontras Usman Hamid terkait kasus pencemaran nama baik Muchdi Pr. Usman dijadwalkan akan diperiksa pekan ini.

"Mungkin besok (surat panggilan) akan dikirim. Dalam minggu inilah diperiksa,"  kata Kasat Keamanan Negara Polda Metro Jaya AKBP Daniel Tifaona kepada detikcom, Senin (27/7/2009).

Daniel juga membantah pernyataan pengacara Muchdi Pr Luthfi Hakim yang menyatakan polisi akan memanggil paksa Usman. Daniel menjelaskan polisi telah melayangkan surat panggilan untuk Usman sebanyak 2 kali. Namun Usman tidak datang karena berada di luar negeri. 

"Kita akan panggil. Sekarang kan sudah pulang. Jadi kita akan panggil yang bersangkutan," kata Daniel.

Menurut Daniel, kalau terlapor sedang berada di luar negeri saat surat panggilan pemeriksaan dilayangkan, berarti polisi akan melayangkan surat panggilan pertama bukan penjemputan.

Kecuali jika terlapor berada di Indonesia, saat 2 surat panggilan dilayangkan dan terlapor tidak mau hadir. Sehingga panggilan ketiga dilakukan penjemputan. "Bahasanya surat perintah membawa," ujarnya.

Daniel mengatakan, surat panggilan pertama Usman akan dilayangkan pada Selasa 28 Juli. Namun sebelumnya polisi harus memastikan dulu Usman berada di Indonesia atau di luar negeri.

(gus/iy)