Pohon Harapan: Temukan Noordin M Top

Umi Kalsum, Elly Setyo Rini

Sejumlah unek-unek disampaikan masyarakat lewat pohon harapan.

VIVAnews – Puluhan Lembaga Swadaya Masyarakat menggelar Mimbar Seribu Harapan. Acara yang berkaitan dengan HUT ke-64 Kemerdekaan RI itu digelar di Gelora Bung Karno. Tidak hanya orasi dari pimpinan-pimpinan LSM, masyarakat juga bisa menyampaikan unek-unek.

Unek-unek itu bisa dituliskan lewat pohon harapan dan kepedulian atas kemerdekaan Indonesia  yang nantinya akan disampaikan kepada pemerintah.

Isi harapan masyarakat adalah "Noordin  M Top, bebas teroris",  "Bebas korupsi, sekolah gratis", "Tidak ada lagi yang hidup di jalanan dan pengangguran", "INA lebih hijau tanpa polusi".

Mimbar seribu harapan ini merupakan kampanye publik lintas isu yang menyatukan harapan untuk kemanusiaan. Tujuannya mengajak seluruh masyarakat menyampaikan harapannya ke depan terhadap pemerintah dengan mengekspresikan arti kemerdekaan.

Di sekitar mimbar yang mulai dipadati ratusan orang itu juga digelar pameran yang diikuti sejumlah LSM, seperti Kontras, Imparsial, TI Indonesia, ICW, MTI, Jurnal Perempuan, Wahid Institute, Maarif Institute, LBH Jakarta, dan Migran Care.

Selain orasi, acara yang digelar di Pintu VIP Barat mulai dari Pintu I-XI ini juga dimeriahkan hiburan, baca puisi, olahraga, dan lari keliling Istora Senayan bersama bintang. Usman Hamid dari Kontras bersama band The Kontras akan menyanyikan lagu ciptaannya sendiri dengan tema Orang Hilang dan Kehilangan.