Ujuk Rasa Sambut Anggota DPR Baru

JAKARTA–Acara pelantikan anggota DPR periode 2009-2014 diwarnai aksi unjuk rasa dari beberapa elemen masyarakat. Beberapa elemen masyarakat yang menggelar aksi unjuk rasa di depan gedung MPR/DPR antara lain Kontras, Elsam, dan Ikohi. Untuk mengawal aksi unjuk rasa ini, pihak Kepolisian menyiapkan ratusan petugas dari Dit Samapta Polda Metro Jaya.

Aksi unjuk rasa menyambut pelantikan anggota DPR juga dilakukan oleh puluhan orang yang tergabung dalam BEM UI. Dalam aksinya kali ini, mahasiswa menuntut wakil rakyat agar menjalankan amanat pancasila dan UUD 1945. Selain itu puluhan mahasisiwa ini menuntut agar wakil rakyat menuntaskan agenda reformasi yang selama ini masih terbengkalai.

Sementara itu, petugas kepolisian yang telah berjaga di gedung MPR/DPR sejak, Rabu (30/09), kini kini telah bersiaga di seluruh area gedung MPR/DPR. Polisi memperketat pengamanan di setiap pintu masuk menuju gedung wakil rakyat tersebut. Kendaraan yang masuk tak luput dari pemeriksaan petugas, sekalipun itu merupakan kendaraan dari anggota DPR.

Walaupun jalan di depan gedung MPR/DPR mulai di datangi para pengunjuk rasa, namun hingga kini belum terjadi kemacetan di sekitar jalan menuju gedung wakil rakyat tersebut. Baik JL Gatot Subroto, maupun JL Asia Afrika, Senayan, masih dalam kondisi lancar. c02/ahi