LSM Akan Kembali Somasi Gubernur Jawa Tengah

TEMPO Interaktif, Semarang – Untuk kedua kalinya, lembaga swadaya masyarakat di Jawa Tengah yang tergabung dalam Jaringan Advokasi Peduli Pegunungan Kendeng Utara akan mengajukan somasi ke Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo.

"Kami masih persiapkan draf somasinya," kata Husain, Koordinator Society for Health, Education, Environment and Peace (SHEEP) Jawa Tengah, Kamis (15/10).

Husain menyatakan jaringan akan merapatkan barisan untuk membahas somasi pada 20 Oktober mendatang. "Pertemuan digelar di Solo," katanya.

Anggota jaringan lainnya adalah Walhi, Kontras, Desantara, LBH, ANBTI, KRUHA, Jatam, ICEL, SHEEP, LBH YAPHI, HUMA, SARI, dan Madya.

Gugatan itu sehubungan tuduhan Bibit "LSM sebagai lembaga sontoloyo" karena memprovokasi masyarakat menolak pembangunan pabrik PT Semen Gresik di Sukolilo, Pati.

Sebelumnya, pada awal Juni lalu, jaringan juga sudah mensomasi Bibit Waluyo. Namun somasi itu hanya direspons oleh Sekretaris Daerah Jawa Tengah Hadi Prabowo. Hadi sudah menyampaikan permintaan maaf namun jaringan meminta agar yang menyampaikan maaf Bibit Waluyo secara langsung.

Bibit Waluyo saat melantik Dewan Pengupahan Jawa Tengah menuduh LSM yang datang ke Pati dari berbagai daerah memprovokasi masyarakat sekitar agar menolak pembangunan pabrik Semen Gresik.

Kegagalan pembangunan pabrik semen hanya karena adanya provokasi dari sejumlah LSM. "Itu LSM sontoloyo, edan itu namanya," ujar Bibit saat itu.

ROFIUDDIN