Ayo Buat SIM Komunitas!

Jakarta – Ingin buat SIM dengan cara mudah? Gampang, tinggal kumpulkan teman-teman atau rekan, jumlahnya paling sedikit 50 orang dan paling banyak 200 orang.

Kemudian, ajukan ke Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Dijamin pengurusan pembuatan SIM akan lebih mudah.

"Diharapkan dengan memberikan pengetahuan yang cukup selama pembuatan SIM ini, masyarakat lebih sadar nilai akan keselamatan berkendara  lebih tinggi dibanding hanya sekedar memiliki SIM," kata Direktur Lalu lintas Mabes Polri, Brigjen Pol Djoko Susilo di pembuatan SIM komunitas warga Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (22/10/2009).

Kegiatan pembuatan SIM komunitas ini, merupakan salah satu upaya polri dalam pencapaian program quick wins. Selain itu, pihak kepolisian juga akan memberikan penjelasan bagaimana cara berkendara yang aman.

"Salah satu faktor penyebab tingginya angka kecelakaan adalah kurangnya pengetahuan masyarakat akan peraturan lalu lintas," imbuh Djoko.

Kebetulan, dalam pembuatan SIM yang dimediasi Komisi Nasional Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) ini. Sekitar 200 warga ikut serta dalam pembuatan SIM.

Namun, meski ikut dalam SIM komunitas, tidak otomatis lolos dan mudah memperoleh SIM. Misalnya diantara warga Pegangsaan yang ikut dalam uji SIM Komunitas ini.

"Ada yang tidak lulus. Ini saja sudah ada 20 orang. Nilainya dibawah 18 dari  30 soal," kata petugas SIM di lokasi.

Meski demikian, tetap saja upaya pembuatan SIM komunitas ini disambut positif warga. "Saya dari SMP sudah bisa bawa motor, baru kali ini punya SIM. Dengan adanya  SIM Komunitas ini jadi mempermudah saya membuat SIM, tidak perlu jauh-jauh ke Daan Mogot untuk buat SIM," kata seorang warga, Robiatul.

Bagi masyarakat lainnya yang hendak membuat SIM Komunitas, tinggal daftarkan  saja komunitas Anda ke Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya. Jumlah pemohon dibatasi 50 hingga 200 pemohon.

"Prosedur tetap seperti biasa. Namun masyarakat harus menyiapkan tempat yang luas untuk uji praktek mobil atau motor," kata Kasie SIM Ditlantas Polda Metro, AKBP Gatot Subroto.