Klub Antipoligami Juga Dukung KPK Lho…

JAKARTA, KOMPAS.com — Berlandaskan pada rasa kemanusian dan keadilan, Koalisi Laki-laki Menolak Poligami (Kolmi) turut memberikan dukungan kepada Bibit S Rianto dan Chandra M Hamzah. Mereka adalah Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi nonaktif yang ditahan Polri terkait kasus penyalahgunaan wewenang dan pemerasan.

"Klub Antipoligami (yang dibuat Kolmi di Facebook) mendukung KPK yang sedang dihajar sana-sini," kata Wawan Suwandi, anggota Kolmi yang menjadi admin di Facebook Klub Antipoligami, di Kantor Kontras Jakarta, Minggu (1/11).

Dukungan tersebut menurutnya didasarkan pada alasan kemanusian dan rasa keadilan. Seharusnya Indonesia memerangi korupsi, tetapi malah lembaga yang memerangi korupsi terus ditekan. "Bahkan, sebagian orang menyebutnya ini (kriminalisasi KPK) sebagai aksi balas dendam koruptor," ujar Wawan.

Lebih lanjut ia pun tidak menutup kemungkinan bahwa Klub Antikorupsi yang ia kelola akan mendapat pertanyaan dari masyarakat bagaimana posisi Kolmi terhadap KPK versus Polri. "Kami pasti tanggapi walau bukan tempatnya," tutur Wawan.

Hari ini, Kolmi mendeklarasikan menentang poligami setelah di Bandung ada Klub Poligami. Sebagai bentuk media kampanye, Kolmi meluncurkan situs Klub Antipoligami di Facebook seminggu lalu.