Eep: Terlalu Banyak Pidato, Presiden Harus Bangun

JAKARTA – Aksi gerakan mendukung pemberantasan korupsi digelar di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Sejumlah pengamat politik pun angkat bicara menyuarakan peringatan akan bahaya korupsi.

Eep Saefullah Fatah dalam orasinya menuturkan, komitmen Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam memberantas korupsi baru sebatas lisan belum sampai ke tindakan.  "Presiden tidak cukup katakan ganyang mafia, jaim terus-menerus, pidato. Sudah terlalu lama Presiden tidur terus, saatnya bangun," ujar Eep di panggung antikorupsi di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (8/11/2009).

Sementara Koordinator Kontras, Usman Hamid menilai pembentukan Tim 8 hanya ingin menyelamatkan citra Yudhoyono di mata publik yang tengah apatis terhadap komitmen pemerintah.

"Tim 8 hanya menangani masalah Bibit sama Chandra itu bukan masalah utama, tapi bagaimana membongkar dugaan korupsi di Masaro, Bank Century. Kalau tidak terbongkar, tim ini akan ditertawakan saja, dan sebaiknya mundur," ujar dia.

Aksi massal bertajuk "Indonesia Sehat, Selamatkan KPK" ini diikuti ratusan warga Jakarta dan sekitarnya. Tokoh nasional yang hadir diantaranya Teten Masduki, Yudi Latief, Fadjroel Rachman, Usman Hamid dan Eep Saefullah Fatah. Sementara selebritas yang ikut meramaikan aksi massal ini adalah Slank, Oppie Andaresta, Bagus Netral, Once Dewa dan lainnya. (dnt)