Usman Hamid: Perlu Kedewasaan dalam Berdebat

Laporan wartawan KOMPAS.com Hindra Liu

JAKARTA, Kompas.com – Anggota KOMPAK Usman Hamid, yang juga Koordinator Kontras, menyayangkan rapat dengar pendapat umum dengan Komisi III DPR RI, Selasa (10/11) di Gedung DPR RI, berakhir ricuh. Kericuhan pecah ketika KOMPAK mengkritisi sikap DPR yang cenderung memihak Kepolisian dan Kejaksaan.

"Sebenarnya budaya debat biasa di alam demokrasi. Dalam debat kita masih perlu belajar kedewasaan," ujar Usman kepada para wartawan.

Anggota KOMPAK Fadjroel Rachman mengaku tidak pernah membayangkan bahwa rapat dengan Komisi III DPR RI bisa berakhir ricuh, dan ditutup dengan tidak sah.

"Padahal kami hanya ingin menyampaikan persoalan terkait kriminalisasi KPK dan keberadaan mafia hukum di Indonesia," tambahnya.

Faisal Basri, anggota KOMPAK lainnya, mengakui bahwa dirinya dan teman-teman lainnya kecewa dengan rapat yang berakhir ricuh.

"Kami sebenarnya tidak mendukung Bibit-Chandra. Mudah-mudahan perjuangan kita tidak berakhir di sini. Ini persoalan bangsa yang perlu dikawal bersama," tambahnya.

Seperti diberitakan, kericuhan bermula ketika KOMPAK mempertanyakan sikap Komisi III yang cenderung mendukung Kepolisian dan Kejaksaan. Hal ini misalnya tercermin dengan kesimpulan rapat Komisi III-Jaksa Agung Hendarman Supandji bahwa para legislator tersebut mendukung upaya proses hukum dua pimpinan KPK nonaktif, Bibit Samad Rianto-Chandra M Hamzah.