Aktivis dan Pengamat Hukum Kecewa Pidato SBY

Fahmi Firdaus – Okezone

JAKARTA – Pidato Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang tidak tegas atau mengambang menyikapi rekomendasi Tim 8 atas kasus Bibit Samad Rianto-Chandra M Hamzah, menimbulkan kekecewaan terhadap para aktivis dan pengamat hukum.

Dengan spontan para aktivis dan pengamat hukum yang menggelar nonton bareng di kantor Imparsial, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, langsung menegaskan untuk menolak sikap yang telah ditunjukkan Presiden.

"Lawan-lawan SBY sekarang juga," teriak aktivis hukum Ray Rangkuti secara spontan dengan berdiri sambil mengacungkan jempolnya ke bawah, usai mendengar pidato Presiden, Senin (23/11/2009).

Sikap ini kemudian diikuti dengan banyak aktivis dan pengamat hukum yang berada di situ. Tampak, Effendy Ghazali, Usman Hamid, Bambang Widoyoko, Boni Hargens, Adhie Massardie, yang kemudian menyanyikan lagu-lagu yang biasa dinyanyikan para pengunjuk rasa saat menyampaikan aspirasinya.

"Lawan, lawan, lawan SBY. Lawan SBY sekarang juga," ujar mereka dengan bernyanyi dan dilakukan berulang-ulang.

Sebelumnya setelah mendengar sikap Presiden, mereka langsung mematikan televisi yang menyiarkan secara langsung pidato Presiden.(hri)(mbs)