GIB: Usut Century, KPK Seperti Kura-Kura

INILAH.COM, Jakarta – Puluhan massa yang tergabung dalam Gerakan Indonesia Bersih (GIB), Selasa (2/2) menyerahkan surat terbuka untuk Pimpinan KPK yang isinya menuntut penuntasan skandal Bank Century.

Marwan Batubara, salah satu peserta aksi bahkan menganalogikan KPK seperti binatang kura-kura yang terkenal lambat dalam berjalan.

"Mohon dikawal terus kasus Century dan segera melakukan pengusutan dengan cepat untuk mengungkap skandal Century," pinta Marwan sambil menyerahkan seekor kura-kura berwarna hitam yang ditaruh dalam kandang kecil kepada Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di halaman depan gedung KPK.

Johan yang menerima kura-kura sambil tersenyum hanya mengatakan, "Semua masukan dan pendapat dari masyarakat harus kita tampung," ujarnya.

Turut hadir Adi Masardi dalam aksi yang antaralain terdiri dari elemen masyarakat, HMI, Kompak, Kontras, KPK-N, LMND, organisasi lintas agama, Serikat Tani Nasional dan organisasi mahasiswa lainnya.

GIB mencurigai stagnannya proses penuntasan skandal Bank Century di KPK karena ada intervensi dari pihak luar. Hal itu didasarkan pada pengalaman kriminalisasi terhadap Chandra dan Bibit yang menimbulkan trauma kepada pimpinan KPK untuk melaksanakan kewenangannya dan informasi adanya makelas kasus di lingkungan KPK.

Lalu Hilman Afriandi, Ketua LMND pun mendesak KPK untuk segera meningkatkan status penyelidikan skandal Bank Century ke tingkat penyidikan, yaitu menetapkan tersangka.

"Segera memanggil pejabat negeri yang patut diduga paling bertanggungjawab dalam pengucuran dana talangan yaitu mantan Gubernur BI Boediono dan mantan Ketua KSSK Sri Mulyani," pungkas Lalu. [mut]