Istri Munir Minta Jaksa Cirus Diperiksa Soal Kasus Suaminya

Jakarta, RMOL. Terlibatnya Jaksa Cirus Sinaga dalam kasus pencucian uang dan penggelapan pajak Gayus Tambunan semakin menguatkan keyakinan istri Alm Munir, Suciwati bahwa Cirus merupakan sosok Jaksa yang bermasalah sejak awal.

Suciwati mengatakan sejak awal pihaknya telah meminta Kejaksaan Agung (Kejagung) untuk tidak menjadikan Cirus Sinaga sebagai Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam kasus kematian Munir dengan terdakwa mantan Deputi V Muchdi Pr.

Hal itu ia katakan kepada wartawan di Kantor Kontras, Jalan Borobudur, Menteng Jakarta Pusat (Sabtu, 3/7) sehubungan dengan vonis bebas yang diberikan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kepada Muchdi Pr dengan JPU Cirus Sinaga.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Kejagung soal penolakan ini. Tapi tidak digubris. Persoalannya, sepertinya, Cirus Sinaga tetap dipertahankan, akhirnya terlihat terjadinya kesumiran dalam surat dakwaan tuntutan khususnya yang melibatkan Muchdi Pr," ujarnya.

Dengan keterlibatan dalam kasus Gayus Tambunan, dia mendesak Cirus Sinaga diperiksa tidak hanya dalam kasus Gayus saja, tapi juga soal kasus pembunuhan Munir.

"Saat itu dia jadi penuntut. Bisa jadi ada permaianan dalam kasus Muchdi Pr. Itu yang perlu ditelusuri dan diperiksa benar atau tidak. Kita lihat saja, setelah Muchdi Pr bebas, Cirus beli rumah mewah. Nah itulah, apakah rumah yang dibeli itu ada kaitan dengan kasus Muchdi apa tidak. Itu perlu ditelusuri," tegasnya. [zul]