Pejuang HAM Kalahkan “Pelanggar HAM”

JAKARTA – Kemeriahan Piala Dunia memancing antusiasme para penggila bola. Banyak yang menggelar acara nonton bareng, tak sedikit juga yang mengadakan pertandingan bola.

Seperti yang diadakan Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras). LSM ini mengadakan Parodi Sepak Bola antara tim Pelanggar HAM dan Pembela HAM. Pertandingan diadakan di lapangan sepak bola yang tepat berada di depan Kantor Kontras.

Dibilang parodi karena para pemain sepakbola mengenakan kostum dengan nama punggung para pelanggar HAM dan pembela HAM.

Pantauan okezone di lokasi, Selasa (6/7/2010), kostum dengan warna merah melambangkan para “pelanggar HAM”, di antaranya Wiranto, Muchdi PR, Sjafrie Sjamsuddin, Aburizal Bakrie, Hendro Priyono, dan Prabowo Subianto sebagai pemain cadangan.

Sedangkan kostum dengan warna hitam melambangkan pembela atau pejuang HAM, di antaranya Munir, Wiji Thukul, Marsinah, Udin, dan Wawan.

Di pinggir lapangan ada beberapa foto para pejuang dan “pelanggar HAM”. Selain itu, beberapa payung berwarna hitam yang bertuliskan Tuntaskan Kasus Mei ’98 juga dijejerkan. Pertandingan dimenangkan oleh tim Pejuang HAM dengan kkor 10-9 yang disambut meriah oleh para pendukung Pejuang HAM.