Tak Ada yang Pilih Muchdi

Jakarta, matanews.com
Gembar-gembor mantan Direktur IV Badan Intelijen Negara (BIN), Muchdi Purwopranjono, jadi pengurus pusat Muhammadiyah berakhir sudah menyusul tidak ada satu pun muktamirin yang memilih namanya dalam penentuan 13 anggota PP, Selasa dini hari tadi.

Sebelumnya nama Muchdi Pr masuk dalam daftar 39 calon tetap anggota PP Muhammadiyah. Namun, hasil penghitungan suara pada Muktamar Seabad Muhammadiyah, di Yogyakarta,  Muchdi sama sekali tidak memperoleh suara dari peserta muktamar.

Suara terbesar diperoleh Din Syamsuddin (1.915 suara), diikuti M Muqoddas (1.650 suara), dan A Malik Fajar (1.562 suara).

Masuknya Muchdi Pr sebagai salah satu calon tetap anggota PP Muhammadiyah sempat menimbulkan pertanyaan sejumlah kalangan. Hal ini disebabkan Muchdi adalah mantan Direktur IV BIN dan sempat menjadi terdakwa atas meninggalnya aktivis HAM, Munir, meski pengadilan kemudian membebaskannya.

Dengan tidak terpilihnya Muchdi sebagai 13 anggota PP Muhamadiyah, maka peluangnya untuk bisa memilih dan dipilih jadi Ketua Umum PP Muhamadiyah 2010-2015 tertutup..

Muchdi Pr di Muhammadiya duduk sebagai Ketua PP Tapak Suci serta Ketua Dewan Penyantun SD Muhamadiyah Sleman. (*an/ham)