Polri Janji Tuntaskan Kasus Tama Pekan Ini

JAKARTA–MI: Sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) menemui Kapolri, Senin (12/7) ini. Mereka meminta penjelasan dan penyelesaian secara cepat kasus penganiayaan aktivis Indonesia Corruption Watch (ICW), Tama Satya Langkun. Pada saat itu, Kapolri berjanji akan menyelesaikan kasus Tama pada pekan ini.

"Jadi Kapolri minta waktu sampai minggu ini untuk tuntaskan investigasi. Seperti dikatakan, mereka masih sulit identifikasi, bukti-bukti masih perlu dilengkapi. Saksi sedikit dan kondisi gelap. Diperkirakan minggu ini tuntas," ujar Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi, usai menemui Kapolri, didampingi Ketua Umum Demisioner Kontras, Usman Hamid, dan Koordinator ICW, Danang Widoyoko, di Mabes Polri, Senin (12/7).

Namun, lanjutnya, Polri mengaku telah mengantongi identitas pelaku. Namun, identitasnya belum dapat diungkapkan ke publik.

Sementra itu, Usman Hamid mengatakan kasus Tama, bukan kasus biasa. Hal tersebut, kata dia, juga diakui oleh Kapolri. "Saya sudah tegaskan kasus ini bukan kasus biasa, yang saya tangkap Kapolri tegaskan kasus ini bukan kriminal biasa," tukasnya.(*)