Kapolri Jamin Tidak Ada Sweeping di Bulan Ramadhan

TEMPO Interaktif, Jakarta – Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri menjamin tidak akan ada sweeping pada bulan Ramadhan yang dilakukan oleh organisasi atau kelompok masyarakat yang mengatasnamakan agama atau apapun. Penegasan itu disampaikan Rusmadi,  aktivis Wahid Institute seusai bertemu Kapolri, di Mabes Polri, Rabu (14/7).

“Kapolri berjanji tidak akan ada aksi sweeping oleh ormas di bulan Ramadhan,” kata Rumadi seperti menirukan ucapan Kapolri.

Ia menambahkan, pertemuannya dengan Kapolri itu merupakan suatu bentuk dukungan supaya penegak hukum berani dan tegas menindak segala aksi kekerasan oleh kelompok tertentu.

Selama ini, menurut Rusmadi, ada indikasi polisi membiarkan tindak kekerasan tersebut terjadi. Namun, ia bersyukur karena dalam pertemuan tadi, menurutnya Kapolri mendukung untuk melakukan tindakan tegas terhadap pelaku kekerasan.

“Tadi sudah keluar tekad dari Kapolri untuk lebih tegas menangani kekerasan berbau agama tersebut,” katanya lagi.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, beberapa kelompok aktivis mendatangi Mabes Polri uuntuk membicarakan masalah tindak kekerasan yang kerap dilakukan oleh ormas yang berkedok agama. Selain Rumadi dari Wahid Institute, datang pula aktivis Kontras, dan Imparsial.

ARIE FIRDAUS