Polisi Periksa Rieke Diah Pitaloka

INILAH.COM, Jakarta – Rieke Diah Pitaloka menjalani pemeriksaan polisi terkait kasus FPI yang membubarkan diskusi kesehatan di Banyuwangi, baru-baru ini.

"Hari ini rencananya saya akan memberikan keterangan kepada penyidik Bareskrim Mabes Polri khususnya di bawah Direktorat I Saud Usman Nasution. Pemeriksaan hari ini masih berkenaan dengan peristiwa beberapa hari lalu di Banyuwangi, sekaligus tindak lanjut dari pertemuan dengan bapak Kapolri Bambang Hendarso Danuri," ungkap Usman Hamid, ketua Kontras, saat ditemui di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu (21/7) siang.

Usman yang datang mendampingi Rieke berharap pemeriksaan berjalan lancar. Pengacara Rieke, Arteria Dahlan pun demikian.

Arteria menambahkan, "Hari ini kami hadir sebagai warga negara untuk didengar keterangannya sebagai saksi, detailnya akan saya sampaikan nanti."

Rieke yang berada di sampingnya mengatakan, "Hari ini panggilan pertama saya, karena Jumat (23/7) saya harus ke Bangka ada tugas dari partai. Jadi hari ini saya datang."

Rieke datang pukul 10.50 WIB. Tujuannya menyelesaikan kasus pembubaran kunjungan kesehatan di daerah Banyuwangi. Pembubaran yang dilakukan FPI itu terjadi karena disinyalir tempat tersebut banyak eks PKI dan keturunan PKI. [aji/mor]