Kontras: PR polisi ungkap perampok di Sumut

MEDAN â?? Dalam sepekan ini marak perampokan bersenjata api di wilayah hukum Sumatera Utara.

koordinator Komisi untuk orang hilang dan korban tindak kekerasan (Kontras) Sumatera Utara, Diah Susilowati, mengatakan Kepada Waspada Online, â??Sumut dihantui perampok bersenjata api. Namun polisi belum mengungkapnya,â? jelas Susilowati, malam ini.

Dikatakan, padahal pihak kepolisian bertugas sebagai pelindung, pengayom dan penegak hukum di masyarakat. Maka seharusnya, polisi, harus bertindak profesional dengan peningkatan kualitas diri dalam hal pengamanan dan pengungkapan kasus.

â??Selain fungsinya menjaga keamanan ketertiban masyarakat, polisi perlu melakukan tindakan preventif yakni melakukan patroli, penempatan personil di tempat-tempat rawan terjadinya tindak kriminalitas,â? tutur Diah.

Menurutnya, lokasi objek vital harus diantisipasi dengan serius oleh pihak kepolisian. â??Apalagi seperti daerah konflik, safety dari senjata-senjata illegal perlu ditindaklanjuti. Karena ini menjadi alat bagi mereka untuk melakukan tindakan perampokan,â? terangnya.

Lebih lanjut dikatakannya, bahwa polisi juga belum mampu menuntaskan kasus-kasus yang sedang terjadi. â??Ada beberapa kasus yang belum diungkap. Ini harus menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi kepolisian,â? tegasnya.

Dikatakan, peningkatan kualitas kepolisian baik itu diri dan senjata, memang harus ditingkatkan. â??Bila personil polisi ditempatkan di daerah konflik, maka polisi itu harus siap dari diri dan juga dilengkapi persenjataan komplit,â? harapnya.

Oleh karena itu, Diah mengharapkan, polisi juga harus introspeksi pembenahan di institusinya. “Kepada Masyarakat juga harus proaktif ketika terjadi tindakan kriminal,” tuntasnya.

Editor: SASTROY BANGUN