Effendi Gazali: Sarana Olahraga Perlu di Gedung DPR

Jakarta – Rencana pembangunan gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lengkap dengan fasilitas rekreasi seperti fitnes dan spa menimbulkan kontroversi. Ahli komunikasi politik UI Effendi Gazali setuju jika fasilitas olahraga dibangun di gedung wakil rakyat  tersebut.

"Kalau memang mereka perlu ada tempat rekreasi itu oke," kata Efendi usai acara Diskusi Publik ‘Mengenang Meninggalnya Munir’ di kantor Kontras ‘, Jl Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa (31/8/2010).

Namun, menurut dia, harus ada alasan yang jelas dalam pembangunan fasilitas ini. Jangan sampai anggota Dewan menggunakan alasan gedung yang sudah miring untuk membenarkan keinginan mereka membangung gedung baru. Sebab alasan itu membohongi publik.

"Kalau alasan over kapasitas masih bisa diterima. Yang penting harus ada penjelasannya (tentang tempat rekreasi), lalu tender juga harus transparan dan terbuka," kata dia.

Anggota DPR, menurut dia, memiliki beban 25 kali lebih berat dari pada anggota DPR periode-periode sebelumnya. Sehingga, menurutnya fasilitas olahraga tersebut diperlukan.

"Kalau untuk olahraga seperti fasilitas fitness saya setuju, tapi kalau spa tidak," tuturnya. 
(ayu/anw)