Sumatera Utara barometer Kapolri

RIDIN
Koordinator Liputan
WASPADA ONLINE

MEDAN – Dalam menjadi Kapolri biasanya mantan pejabat yang pernah bertugas menjadi pimpinan Kapoldasu menjadi barometer untuk dipilih menjadi Kapolri.

Kenyataan ini bisa terlihat seperti mantan Kapolri Jenderal Sutanto dan Kapolri saat ini yakni Jenderal Bambang Hendarso Danuri (BHD) yang keduanya pernah menjabat menjadi Kapoldasu.
 
Koordinator Komisi Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) Sumut, Diah Susilowati, mengatakan untuk calon Kapolri yang saat ini sedang santer diberitakan di media ada dua nama calon Kapolri yang pernah menjabat sebagai Kapoldasu Sumut yakni Jenderal Nanan Soekarna dan Kapoldasu saat ini Irjen Oegroseno.
 
”Kedua orang ini sama-sama mempunyai kinerja yang bagus di Sumut. Walaupun Pak Nanan dicopot karena kasus Protap, tetapi menurut kontraS dia termasuk Kapoldasu yang mempunyai kinerja yang bagus di Sumut,” kata Diah, kepada Waspada Online, tadi siang.
 
Sama halnya dengan Irjen Oegroseno, Kapolda Sumut saat ini, KontraS menilai sangat bagus karena telah melakukan upaya reformasi di kepolisian dengan upaya penekanan terhadap angka tindakan kekerasan personel polisi terhadap masyarakat.
 
Menurut Diah, mudah-mudahan dari beberapa nama yang saat ini diberitakan di media, dua sosok tersebut salah satunya bisa menjadi Kapolri kedepan.       

Editor: SATRIADI TANJUNG