DPR Kumpulkan Informasi Soal Calon Kapolri

VIVAnews – Wakil Ketua Komisi III bidang hukum DPR Tjatur Sapto Edi, menyebutkan Tim Kecil untuk uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri Komjen Timur Pradopo akan mengumpulkan informasi dan verifikasi dokumen calon Kapolri terhadap kelompok-kelompok masyarakat.

"Hari ini jam 14.00 kami akan menerima kelompok masyarakat yang ingin memberi masukan," kata Tjatur di DPR, Jakarta, Selasa 12 Oktober 2010.

Kelompok masyarakat yang akan memberi masukan tersebut, Tjatur menjelaskan, antara lain adalah Imparsial, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), dan keluarga korban tragedi Trisakti.

Setelah itu, lanjut Tjatur, Rabu besok, tim kecil mengundang lembaga negara. Untuk melakukan klarifikasi atas proses pencalonan substansi pencalonan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas). Dilanjutkan dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), untuk mengklarikasi beberapa isu. Kemudian Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengklarifikasi rekening.

"Kalau ada rekam jejak tentang tindak pidana korupsi. Kami ingin hasil persetujuan atau tidak persetujuan terhadap calon itu punya legitimasi kuat," kata Tjatur.

Tim kecil juga akan melakukan kunjungan ke kediaman calon, besok. "Kami ingin lihat kehidupan keluarga agar secara pribadi dan rumah tangga siap," kata Tjatur.(ywn)