Uji Kelayakan, DPR Datangi Rumah Timur

Umi Kalsum

DPR ingin melihat kehidupan sehari-hari Timur secara langsung.

VIVAnews – Tim dari Komisi III DPR sekitar pukul 15.00 WIB akan menyambangi rumah calon Kapolri Komjen Timur Pradopo. Komisi akan melihat langsung kehidupan keluarga mantan Kapolda Metro Jaya itu.

"Iya, nanti kita akan ke sana, ke Bintaro," kata Wakil Ketua Komisi III DPR Tjatur Sapto Edy saat dikonfirmasi VIVAnews.com, Rabu 13 Oktober 2010.

Rumah pribadi Timur berlokasi di Jalan Kucica VIII Blok JF Nomor 25, Bintaro Jaya Sektor IX.

Tak hanya melihat kehidupan langsung keluarga Timur, untuk menilai Timur secara objektif, Komisi juga telah meminta masukan dari sejumlah kelompok masyarakat.

Kelompok masyarakat yang dimintai keterangan adalah Imparsial, Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (Kontras), dan keluarga korban tragedi Trisakti.

Sebelum berkunjung ke rumah Timur, Tim Kecil Komisi III juga  mengundang lembaga negara untuk melakukan klarifikasi atas proses pencalonan substansi pencalonan, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas).
Dilanjutkan dengan Komisi Nasional (Komnas) Hak Asasi Manusia (HAM), untuk mengklarikasi beberapa isu. Kemudian Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengklarifikasi rekening.