Demo Ricuh di Menteng, 1 Mahasiswa Tertembak

 

JAKARTA – Buntut kericuhan aksi unjuk rasa di Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, seorang mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK) tertembak di kaki kiri.

Korban bernama Farel Restu, mahasiswa angkatan 2008 itu kini menjalani perawatan di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo. Selain itu, polisi juga mengamankan dua mahasiswa yang belum diketahui identitasnya.

Dua polisi dan perwakilan mahasiswa dengan dimediasi oleh Koordinator Kontras Haris Azhar masih bernegosiasi di Kantor Lembaga Bantuan Hukum yang terletak tak jauh dari lokasi bentrokan.

Kericuhan terjadi sekira pukul 15.00 WIB, ketika polisi berusaha membuka blokade mahasiswa yang menutup Jalan Diponegoro.

Mahasiswa menolak diminta menepi dari jalan dan terjadi ketegangan. Aksi saling dorong terjadi sehingga elemen yang terdiri dari mahasiswa Universitas Bung Karno (UBK), Universitas Islam Negeri (UIN), dan Bina Sarana Informatika (BSI) itu terdesak di Jalan Kimia.

Setelah terjadi adu mulut, para demonstran melempari polisi dengan batu. Polisi pun merangsek membubarkan massa, sambil melepaskan tembakan.

Saat ini, ratusan polisi masih terkonsentrasi di pinggir-pinggir jalan perempatan Megaria, Cikini. Jalan Dioponegoro dari Megaria menuju ke Salemba, masih ditutup untuk umum.

Sementara, para mahasiswa masih berkonsentrasi di depan kantor LBH dan membakar ban.
(ton)