Gedung DPR/MPR Dijaga Ratusan Polisi

JAKARTA–MICOM: Ratusan petugas kepolisian telah bersiaga dan melakukan persiapan mengamankan unjuk rasa peringatan satu tahun pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono – Boediono di depan Gedung DPR/MPR RI.

Pantauan di depan Gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Rabu (20/10), sejumlah petugas kepolisian memersiapkan kendaraan taktis semprotan air (water canon), kawat berduri, tameng, helm dan pentungan. Sejumlah petugas terdiri dari Samapta Polres Metro Jakarta Pusat dan Brigade Mobil (Brimob) Polda Metro Jaya, berjaga di depan gedung perwakilan rakyat itu.

Namun demikian, belum terlihat ada kelompok masyarakat yang berunjuk rasa. Bahkan, arus lalu lintas di depan Gedung DPR/MPR RI, Jalan Gatot Subroto, masih lancar.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya menerima laporan sebanyak 15 elemen masyarakat akan melakukan unjuk rasa peringatan satu tahun pemerintahan SBY-Boediono di wilayah DKI Jakarta, Rabu (20/10). Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Komisaris Besar Boy Rafli Amar menuturkan, beberapa elemen masyarakat yang melaporkan rencana aksi, antara lain Bendera, Petisi 28, Gerakan Indonesia Bersih, Kontras, BEM se-Indonesia, serta sejumlah kelompok buruh di Tangerang dan Jakarta sekitarnya.

Boy menyatakan beberapa titik yang menjadi fokus pengamanan aksi, yakni depan Gedung DPR/MPR RI, Istana Presiden, Istana Wakil Presiden, Gedung KPK, Gedung Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Bundaran Hotel Indonesia (HI), serta lokasi sentral ekonomi yang merupakan objek vital.

Polda Metro Jaya mensiagakan sebanyak 19.000 personel untuk pengamanan unjuk rasa dengan menempatkan pada setiap pos komando. (Ant/OL-5)