Tokoh HAM Asmara Nababan Meninggal Dunia

Jakarta (SIB)
Tokoh pejuang HAM Asmara Nababan meninggal dunia. Almarhum meninggal karena menderita sakit kanker paru-paru, saat menjalani perawatan di China.

â??Kita berduka telah berpulangnya guru dan pejuang HAM,â? kata Ketua Dewan Pembina Kontras, Usman Hamid dalam pesan singkat, Kamis (28/10).

Usman mengaku baru mendapat kabar, kalau Asmara meninggal pada pukul 12.30 waktu Guangzhou. Dia berharap keluarga Asmara bisa tabah menerima kepergian Asmara, yang selama ini telah berjuang demi penegakan HAM di Indonesia.

â??Semoga arwahnya diterima di sisi-Nya, dan ditempatkan di surga yang dijanjikan-NYA,â? tutup Usman.

Asmara (64) pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Dia dirawat di salah satu rumah sakit di Guangzhou sejak 12 Oktober lalu karena menderita kanker paru-paru stadium 4. Asmara pernah dirawat di rumah sakit Gading Pluit, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Asmara sebelum sakit tetap aktif memimpin Demos, sebuah Pusat Riset Demokrasi yang didirikannya bersama sejumlah pejuang HAM dan Demokrasi antara lain almarhum Munir, Arief Budiman, almarhum Th Sumartana, dan Nasikun. (detikcom/f)