Ibu Informan SIGI: Kondisi Anak Saya Sehat

TEMPO Interaktif, Jakarta

– Ibu dari Herry Yanuar, satu diantara dua informan dalam program investigasi SIGI berjudul "Bisnis Seks Dibalik Jeruji" yang ditayangkan Stasiun Televisi SCTV, mengunjungi putranya itu di Rumah Tahanan Salemba, Senin (8/11). Sang ibu, yang menolak memberikan namanya, didampingi LBH Jakarta dan Kontras.

Ibu itu mengatakan kalau terakhir kali berkunjung seminggu lalu, dan sejak itu anaknya sempat sulit ditengok. “Cuma terakhir dia yang menghubungi saya, malam Jumat lalu," kata wanita berusia 54 tahun itu.

Dalam kunjungan kemarin dia mengaku tidak banyak bertanya mengenai masalah yang sedang membelit anaknya. Pun dengan dugaan penganiayaan yang dialami anaknya itu gara-gara bersedia menjadi informan. Herry terungkap identitasnya sebagai informan program tersebut dengan imbalan Rp 2 juta.

 

Ibu itu hanya mengatakan anaknya dalam kondisi sehat. "Di dalam cuma ketemu anak saya. Kondisinya juga sehat," katanya.

Kondisi yang sama juga disebutkannya untuk Heri Kiswanto, informan SIGI lainnya. Heri, katanya, sebatas malu gara-gara kasus itu dan mengaku benar hendak bunuh diri. “Malu karena katanya tidak ada anggota keluarganya yang tahu dia masuk situ (rumah tahanan)," ujarnya.

NALIA RIFIKA