Hari Ini 12 Tahun Tepat Tragedi Semanggi I

K. Yudha Wirakusuma – Okezone

JAKARTA – Terhitung 12 tahun sudah tragedi Semanggi I berlalu. Namun hingga kini kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) tersebut tak kunjung terselesaikan.

Pertimbangan itulah yang mendorong Kontras bersama mahasiswa dan keluarga korban kasus Semanggi I akan menggelar aksi damai guna memperingatinya.

“Aksi dilakukan dengan long march oleh 100-an orang, mulai dari Kampus Unika Atmajaya menuju gedung Kejaksaan Agung,” ujar Wakil Koordinator Badan Pekerja Kontras Indria Fernida kepada okezone, Jumat (11/11/2010).

Indria menambahkan aksi yang akan digelar hari ini akan dimulai sekira pukul 13.30 WIB. “Penting peringatan ini sebagai kenangan pahit sejarah dan upaya bagi kami untuk kampanye menuntut penuntasan kasus, juga agar masyarakat tidak lupa,” tandasnya.

Berdasarkan informasi dari Wikipedia, Tragedi Semanggi menunjuk kepada dua kejadian protes masyarakat terhadap pelaksanaan dan agenda Sidang Istimewa yang mengakibatkan tewasnya warga sipil.

Peristiwa pertama dikenal dengan Tragedi Semanggi I terjadi pada 11-13 November 1998, masa pemerintah transisi Indonesia, yang menyebabkan tewasnya 17 warga sipil. Kejadian kedua dikenal dengan Tragedi Semanggi II terjadi pada 24 September 1999 yang menyebabkan tewasnya seorang mahasiswa dan 11 orang lainnya di Jakarta serta menyebabkan 217 korban luka.(ful)