Pagi Ini Petani Toili Demo di Istana

JAKARTA, KOMPAS.com – Massa yang tergabung dalam Solidaritas Petani Toili, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, Rabu (30/3/2011) pukul 09.00 WIB akan menggelar aksi unjuk rasa di depan Istana Negara. Mereka bermaksud menyampaikan aspirasinya terkait kasus penyerobotan lahan, kekerasan, dan kriminalisasi yang menimpa para petani di Kecamatan Toili.

Indria Fernida, Wakil Koordinator Eksekutif Nasional Kontras dalam rilisnya yang dikirim ke Redaksi Kompas.com, Rabu, mengatakan, aksi tersebut merupakan bentuk keprihatinan petani Toili, mengingat berbagai upaya telah mereka lakukan, baik di tingkat kecamatan, kabupaten, hingga provinsi.

"Bahkan hingga upaya advokasi di Jakarta, yaitu bertemu secara langsung dengan beberapa institusi negara, di antaranya Mabes Polri, Kementerian Kehutanan, Komnas HAM, dan Komisi Yudisial. Namun, hingga kini tidak ada titik terang atas kasus kami," kata Indria.

Dalam aksi demo tersebut, massa juga berencana akan melakukan aksi tenda keprihatinan. Tujuannya untuk menggugah kepedulian pemerintah, khususnya Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, agar peduli dengan kepentingan para petani.