Insiden Kebumen Diduga untuk Kepentingan Bisnis TNI

KBR68H, Jakarta – Serikat Tani Merdeka Kebumen menduga aksi kekerasan TNI terhadap belasan warga Kebumen, Jawa Tengah adalah untuk kepentingan bisnis TNI.

Anggota Serikat Tani Merdeka Kebumen, Warsono mengatakan di bagian selatan desa dekat Pantai Bocor Setrojenar itu terdapat pasir besi yang berfungsi sebagai penyaring air laut untuk pemenuhan hidup sehari-hari. Kata dia aksi penembakan itu dilakukan untuk meneror warga agar TNI bisa menambang pasir besi.

"(TNI) ingin miliki pasir besi itu juga. Jadi pesisir selatan, itu di sana kandungan pasir besi tinggi. Warga ada yang manfaatkan pasir besi? Warga tidak. Karena kalau saya amati, kenapa air tanah yang ada di pesisir pantai itu tidak asin. Karena apa? Kalau pendapat saya, pasir besi itu sebagai filter air kadar asin."

Terkait kasus itu, Pemda Jawa Tengah telah membentuk tim gabungan untuk selidiki penembakan warga oleh TNI di Kebumen. Tim itu terdiri dari Komando daerah Militer, Komando Distrik Militer dan kepolisian daerah. Selain itu Komnas HAM juga akan mengirim tim sendiri untuk investigasi kasus yang membuat 4 warga menderita luka tembak dan sepuluhan lainnya luka-luka.