Inilah Tiga Kriteria Calon Kabareskrim Versi KontraS

JAKARTA, PedomanNEWS.com – Sebagai salah satu lembaga ujung tombak di lingkungan Markas Besar Kepolisian RI, keberadaan Badan Reserse Kriminal memegang peranan penting dalam menangani kasus-kasus besar di masyarakat. "Ini adalah tantangan Polri ke depan," ujar Ketua Badan Pengurus KontraS, Usman Hamid, Rabu, (15/6).

Diperlukan sosok kepala badan yang memiliki integritas tinggi untuk menggawangi lembaga ini. Inilah tiga kriteria kepala Bareskrim versi organisasi yang bergerak di bidang HAM itu.

Pertama, calon yang bersangkutan harus memenuhi persyaratan perundang-undangan, sehingga diharapkan timbul kekompakan internal lembaga. Beberapa hal yang diperlukan mulai jenjang kepangkatan, pengalaman karier, hingga jabatan.

Kedua, memiliki reputasi dan rekam jejak yang bersih di mata masyarakat. "Jangan sampai saat memimpin malah banyak menemui persoalan," ujarnya.

Ketiga, akseptabilitas atau penerimaan dari dalam internal lembaga itu atas ketegasan calon kepala Bareskrim yang baru dalam menyelesaikan kasus internal di lingkungan Kepolisian.