Aksi Demo Akan Warnai Peringatan 7 tahun Kasus Munir

JAKARTA–MICOM: Komisi untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (Kontras) akan memperingati 7 tahun pembunuhan aktivis hak asasi manusia (HAM) Munir Said Thalib.

Rencananya, acara peringatan tersebut akan dilakukan di kantor Kontras di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (7/9) sekitar pukul 11.00 WIB untuk kemudian dilanjutkan dengan aksi demo di depan Istana Negara.

"Jam 11.00 di Kontras, kita kumpul dulu. Jam 12.00, ada aksi Munir di depan Istana (Negara)," kata Kordinator Kontras, Haris Azhar kepada Media Indonesia.com, Selasa (6/9).

Aksi demo yang akan dilakukan, dikatakan Haris, merupakan bentuk protes kepada pemerintah yang tidak kunjung memberikan keadilan atas kematian Munir. Aksi demo dan peringatan tahun ke-7 kasus Munir tersebut kemungkinan besar juga akan diikuti oleh berbagai kalangan aktivis, terutama yang tergabung dalam Koalisi Aksi Solidaritas untuk Munir (KASUM).

"Dalam 7 tahun ini ada begitu banyak dinamika dalam kasus Munir. Namun, terutama sejak 3 tahun belakangan, agenda keadilan berujung pada pelemahan hukum terhadap para individu yg patut dimintai pertanggung jawaban," kata Haris.

Sudah sepantasnya, kata Haris memasuki umur kasus Munir yang ke-7, ada evaluasi terhadap kemajuan kasus ini.

Sebab, kata Haris, jika tidak ada koreksi atas kejahatan tersebut, masa depan hukum dan keadilan di Indonesia akan selalu berada dibibir buas para penjahat HAM. (*/OL-12)