Nama Munir Diusulkan Jadi Nama Jalan di Kota Batu

Kota Batu – Nama almarhum Munir Said Thalib diusulkan menjadi nama jalan di Kota Batu, Jawa Timur. Usulan penggunaan nama pejuang Hak Asasi Manusia ini dicetuskan oleh tokoh pemuda setempat.

Raden Ani sebagai pengusul meminta nama Munir menjadi nama jalan di Bendo, Desa Sidomulyo, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu. Karena sampai kini jalan menghubungkan antara Desa Sidomulyo dengan Desa Pandanrejo itu belum memiliki nama.

"Usulan ini untuk memberikan penghormatan pada jasa almarhum yang selama hidupnya membela wong cilik," ujarnya kepada wartawan, Senin (16/7/2012).

Ia mengaku, sebenarnya sudah lama para pemuda di Kota Batu meminta nama Munir menghiasi salah satu jalan di daerah kelahirannya ini.

"Sudah sejak 2007 lalu diusulkan, tapi belum ada tanggapan dari pemerintah," aku dia.

Dirinya berharap, usulan kembali ini akan menjadi pertimbangan terakhir hingga penggunaan nama Munir terealisasi.

Kepala Bagian Pemerintahan Pemkot Batu Imam Suryono menyatakan memang saat ini ada rencana penggantian serta pemberian nama jalan. Meski begitu, nama-nama menjadi usulan masih dalam tahap pembahasan.

"Melibatkan beberapa pihak terkait, seperti kepolisian," tuturnya terpisah.

Ia membeberkan sejumlah nama akan menjadi pembahasan itu diantaranya, Jalan Raya Beji-Mojorejo hingga Jalan Raya Dadaprejo akan diganti Jalan Ir Soekarno.

Sementara Jalan Raya Pendem hingga perbatasan Karangploso diberi nama dengan Jalan Dr M Hatta.

"Semoga nanti nama Munir lolos dalam pembahasan, selain dua nama yang sudah disahkan oleh walikota," bebernya.