KontraS Tuding Pemkab Sampang Telantarkan Pengungsi Syiah

Sampang, Seruu.com – Keadaan ratusan warga Syiah Sampang yang menjadi korban kekerasan yang terjadi pada 26 Agustus lalu terus memburuk. Para pengungsi itu ditempatkan pemerintah di Gedung Olahraga Kabupatem Sampang (GOR Sampang) dengan fasilitas yang tidak memadai. Akibatnya sejumlah pengungsi jatuh sakit.

Muhammad Muadz, koordinator relawan kemanusiaan yang mendampingi korban di GOR Sampang menyampaikan bahwa sebanyak 69 pengungsi telah jatuh sakit.

KontraS Surabaya lewat keterangan pers yang diterima redaksi mengaku telah mengingatkan kepada pemerintah agar memberikan fasilitas yang layak bagi korban. Namun, pemerintah sepertinya mengabaikan hal itu.

"Tidak adanya dokter yang stand by, tidak adanya tenaga terapi, sedikitnya paramedis, seringnya pemberian makan yang terlambat, dan kebersihan yang buruk adalah penyebab utama puluhan korban jatuh sakit. Dan apabila kondisi GOR Sampang tidak diperbaiki sangat mungkin jumlah korban yang sakit akan bertambah," tulis KontraS, Senin (03/9/2012).

"Bupati dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sampang sama sekali tidak memiliki keseriusan dalam menangani para pengungsi. Karenanya, penanganan pengungsi seharusnya diambil alih pemerintah pusat atau Pemerintah Provinsi Jawa Timur," tegas Koordinator KontraS Surabaya Andy Irfan. [ms]